PIP Datang, Siswapun Riang

Purbalingga – Sejumlah 171 siswa MI Negeri 1 Purbalingga penerima Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) periode bulan Juli sd Desember 2017 akhirnya dapat tersenyum lebih ceria karena pada hari Kamis 4 Januari 2018 telah menerima bantuan tersebut. Masing-masing siswa penerima mendapatkan bantuan dana dari Program Indonesia Pintar (PIP) sebesar Rp 225.000,00 yang langsung diterimakan oleh petugas bank.

Dalam arahannya Kepala Madrasah, Sugeng Riadi mengatakan bahwa dana tersebut agar digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah.

“ Dana Program Indonesia Pintar ini dialokasikan oleh Pemerintah untuk tujuan pemenuhan kebutuhan para siswa yang berhak menerima dalam bersekolah, bukan untuk tujuan foya-foya. Oleh karena itu harus dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya dan sesuai dengan peraturan yang ada,” katanya.

Sugeng juga memberikan motivasi agar semua siswa penerima PIP lebih giat belajar agar tercapai apa yang mereka cita-citakan.

Staf Tata Usaha MI Negeri 1 Purbalingga, Riadhotus Sofiyah menjelaskan bahwa penyaluran dana tersebut kepada para siswa sempat tertunda karena banyaknya kegiatan madrasah dan siswa menjalani libur akhir semester 1.

 “Sebenarnya dana PIP sudah masuk rekening penerima pada tanggal 12 Desember 2017, tetapi karena banyaknya kegiatan kemadrasahan dan libur akhir semester 1, maka baru hari ini dana PIP dapat disalurkan ke penerimanya, “ jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa teknik penyaluran dana PIP kepada para siswa penerima dilakukan secara langsung. Para siswa dikumpulkan dalam satu ruangan kemudian mendapatkan penjelasan dari pihak madrasah. Selanjutnya pencairan dilakukan oleh petugas bank yang dihadirkan ke ke madrasah. Nilai nominal yang diterimakan kepada para siswa penerima adalah Rp 225.000,00 tanpa ada potongan pajak apapun.

Pihak madrasah yang diwakili Sugeng mengharapkan partisipasi orang tua lebih ditingkatkan sehingga kebutuhan siswa dalam bersekolah lebih terpenuhi serta ada imbal balik positif dengan adanya peningkatan prestasi siswa, baik prestasi akademik maupun non akademiknya. (sar/ )