PK On Line , Percepat Proses Pemetaan Guru PAI

Kudus –  Sebanyak 386 peserta  guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se Kabupaten Kudus , Rabu 15/11 serentak mengikuti kegiatan Pemetaan Kompetensi (PK) secara On Line . Mereka adalah guru PAI dari jenjang  TK,  SD ,SMP hingga SMA/SMK  baik Negeri  maupun swasta  yang meliputi guru PAI Kemenag , guru PAI Diknas dan guru PAI Non  PNS yang sudah sertifikasi .

Pelaksanaanya dilaksanakan  di 5 ( lima ) tempat yaitu : Jenjang SMA dan SMK di laksanakan di Aula SMA NU Al Ma’ruf Kudus  . Jenjang SMP dilaksanakan di Aula SMP 1 Kudus dan untuk jenjang SD dilaksanakan di 3 ( tempat) yaitu : di Hotel Proliman Kudus, di Aula Kemenag Kab.Kudus dan di  Aula UPTD Kecamatan Kota.

PK On Line merupakan salah satu teknik untuk mempercepat proses pemetaan guru PAI. Hasil pemetaan nantinya akan menjadi acuan dasar penyusunan  program peningkatan kualitas guru PAI . Dengan digelar secara On Line ini maka data pemetaan akan lebih cepat tersaji dan memiliki keakuratan yang tinggi.

Berdasakan data PK On line yang masuk ke tim pengembangan   PPKB PAI ,  untuk guru PAI TK berjumlah 1 peserta , Guru PAI SD berjumlah 264  peserta . Kemudian guru PAI SMP berjumlah..63 peserta dan guru PAI SMA/SMK berjumlah .58 peserta Sehingga total peserta yang mengikuti PK On Line  sebanyak 386 peserta. Kegiatan PK Online dibimbing oleh 5 pengawas sebagai pemandu yang terdiri dari 3 pengawas dasar dan 2 pengawas menengah.

 Pelaksanaan PK On line ini dilaksanakan tepat pukul 09 .00 WIB  di masing masing tempat dengan waktu 2 jam terdiri dari 60 soal yang dipandu sekaligus pendamping dari masing masing pengawas jenjang.

Hadir Kasi Pais , M Kafit dalam pembinaanya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk pemetaan kompetensi guru PAI ,  menentukan arah pengembangan keprofesian guru PAI dan  untuk  mendapatkan data kompetensi GPAI  secara rial. Dengan kegiatan ini beliau mengharapkan kepada peserta dalam pengisian   data  harus diisi dengan   jujur  sesuai  data identitas pribadi masing masing ,  jangan dibuat buat. Selanjutnya diharapkan dengan mengikuti PK ini nanti para peserta diharapkan dapat  mencetak evadinya rangkap 4 yang meliputi data identitas dan rekap nilainya.

Ditambahkan beliau bahwa seiring dengan kemajuan dan pembenahan tehnologi informasi maupun komonikasi dalam era globalisasi  yang semakin maju maka seorang guru tidak terkacuali guru PAI mempunyai tanggung jawab yang besar untuk mendidik dan memberikan bimbingan peserta didik untuk menuju perubahan kependidikan.” Guru dituntut untuk mampu memilih motode yang tepat dalam menyampaikan materi sehingga siswa dapat mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru “ ujarnya

Beliau berharap , dengan kegiatan PK On Line ini diharapkan mampu menghasilkan data sesuai dengan  harapan dan dapat melahirkan guru PAI yang berkwalitas  sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan pada generasi penerus yang akan datang.(St.Zul/wwk/bd)