PKS MAN Gelar Latihan Gabungan Pengaturan Lalu Lintas

5W + 1H Kaidah baku dalam jurnalistik, jika salah satu tidak ada maka berita cacat.

berita ini unsur where dan when belum terpenuhi, mohon dilengkapi

============================================================================================================

Kota Magelang – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Magelang melalui ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) mengadakan latihan gabungan pengaturan lalu lintas dan pembinaan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas (PPKJ).  Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang dan Jasa Raharja Perwakilan Magelang. Adapun acara ini bertujuan membangun kerjasama antarsekolah/ madrasah. Khususnya di bidang ketertiban lalu lintas melalui ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah.

Kepala MAN Kota Magelang Prihantoro Achmad mengucapkan terima kasih kepada para narasumber, yakni Kepala Dishub Kota Magelang, Jasa Raharja Perwakilan Magelang, Unit Dikyasa Satlantas Polres Magelang Kota dan Palang Merah Indonesia Cabang Kota Magelang. “Melalui latgab ini semoga bisa meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas sejak dini. Dan mengurangi risiko akibat berperilaku tidak tertib di jalan. Kepedulian tinggi menjaga keselamatan di jalan raya akan menyelamatkan generasi muda sebagai aset bangsa,” tutur Prihantoro.

Kepala Dishub Kota Magelang Suryantoro ketika membuka acara menyampaikan apresiasi kepada PKS MAN Kota Magelang. “Kegiatan sangat baik karena dapat memotivasi pelajar di Kota Magelang dan sekitarnya untuk menjadi pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas, kami sangat berterima kasih mendapatkan ruang untuk berbagi ilmu terlebih dalam memberikan pembinaan tata cara keselamatan berlalu lintas dengan adik-adik pelajar semua,” ungkap Suryantoro.

Latihan gabungan (latgab) diikuti oleh pelajar tingkat SMP/ MTs dan SMA/ SMK/ MA yang sekolahnya memiliki ekstrakurikuler PKS. Sekolah yang terlibat di antaranya SMKN 1 Kota Magelang, SMAN 4 Kota Magelang, SMK Kesdam IV Diponegoro, SMK Citra Medika, SMK Yudya Karya, SMPN2 Kota Magelang, SMPN 3 Kota Magelang. Tidak ketinggalan MTsN Kota Magelang, SMPN 6 Kota Magelang, MTsN 3 Kabupaten Magelang. Kemudian, MAN 1 Magelang, SMAN 2 Grabag, SMKN 1 Temanggung, SMK Swadaya Temanggung, dan MAN 1 Kota Semarang.

Para peserta mendapatkan materi tentang pembinaan pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas, pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan. Selain itu, pengenalan pertolongan pertama pada kecelakaan, pengenalan 12 gerakan lalu lintas, senam lalu lintas. Para siswa tampak antusias, terlihat dari keaktifannya mengikuti semua materi yang diberikan. (Ma/gt)