Pluralitas Budaya, Suku, Bangsa, Bahasa dan Agama Merupakan Berkah dan Rahmat

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melalui Seksi Pendidikan Agama Islam menggelar kegiatan Penguatan Wawasan Islam Rahmatan Lil Alamin pada Rabu (4/4) di Rumah Makan Omah Kebon Temanggung. Kegiatan yang berlangsung 1 hari itu diikuti oleh pelajar SMA dan SMK dengan jumlah peserta 45 Siswa.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung Drs. H. Saefudin, M.Pd membuka kegiatan tersebut dan juga sebagai nara sumber. Disamping nara sumber lainnya Kasi Penddikan Agama Islam, Drs. H.MA. Widagdo dan Pengawas Pendidikan Agama, Drs. H. Edi Oreanto.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama, Saefudin menjelaskan Indonesia adalah bangsa yang besar yang didalamnya terdapat berbagai suku, ras dan agama karena itu kita harus mampu membangun sebuah kerukunan dan toleransi meskipun kita berada di tengah-tengah perbedaan. Islam itu adalah agama Rahmatan Lil Alamiin artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT yang terkandung dalam Al Qur’an Surah Al Biyah ayat 107 yang artinya : " Dan Kami tidak mengutus engkau Muhammad melainkan untuk menjadi Rahmat bagi seluruh alam " karena itu sambung Saefudin, pluralitas budaya, suku, bangsa, bahasa dan agama dan berbagai faktor lainnya merupakan berkah dan rahmat yang di berikan oleh Allah SWT yang harus di syukuri, urainya.

Sementara Kasi Pendidikan Agma Islam, MA Widagdo  dalam laporannya mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk membentengi generasi muda atau para remaja agar tidak terseret dalam aliran sesat yang pada akhirnya merugikan diri sendiri. Di samping itu peserta juga di harapkan memiliki pengetahuan dan wawasan bagaimana menerapkan konsep Islam Rahmatan Lil Alamin dalam kehidupan sehari-hari bukan saja di lingkungan sekolah tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat .

Lebih lanjut dikatakan dalam kegiatan ini panitia menghadirkan tiga narasumber yang terdiri dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, menyampaikan materi Visi Misi Kebijakan Menuju Islam Rahmatan Lil’alamin; Pengawas Edi Oreanto menyampaikan Peran siswa-siswa Menuju Islam Rahmatan Lil’alamin; dan Kasi Kasi Pendidikan Agma Islam  menyampaikan materi Charakter Building (Akhlaq Islami)  Menuju Islam Rahmatan Lil’alamin, pungkasnya.(sr/ha)