PMR WIRA MAN 1 Cilacap Gondol Juara I Lomba PMR Se- Barlingcakeb

Cilacap- Palang Merah Remaja (PMR) Wira Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap menggondol Juara I pada ajang Lomba PMR tingkat SMA/MA/SMK se-Barlingcakeb (Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, Kebumen) yang diselenggarakan pada hari Kamis (31/01) di Kampus Akademi Keperawatan Serulingmas, Cilacap.

            “Untuk menggembleng kesiapan dalam menghadapi lomba siswa dilatih dengan rutin setiap Selasa sore sehabis pelajaran. Intinya  pelatihan ini untuk menguji kemampuan anak-anak PMR Wira MAN 1 Cilacap dalam menyerap ilmu dasar tentang pertolongan pertama”, kata Eny Nurhidayah selaku pembina PMR Wira.

            Lomba meliputi materi Pertolongan Pertama (PP) dan Lomba Cerdas Tangkas (LCT). Materi PP diwakili oleh tiga siswa yaitu Arina Manasikana (XI-IPA1), Hikmah Ali Amrulloh (XI-IPS2) dan Dwi Mukti Oktavia (XI-IPA 1). Sedang Lomba LCT terdiri dari Hanif Mukti Chasanah (XI-Bahasa2), Fadlia Hikmah Ramadani (XI-Bahasa2) dan Syarifatul Lutfiyah (XI-IPA1).

            Jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 19 kontingan, terdiri dari SMA/MA/SMK dari berbagai daerah yang tersebar di Barlingcakeb, antara lain MAN 1 Cilacap, SMK Diponegoro Sumpiuh, SMA Negeri 1 Wangon, MA Al Mukhtar Adipala, SMK negeri 2 Cilacap, SMA Wanadadi (Tim 1), SMA Wanadadi (Tim 2), SMA Negeri Maos, SMA Negeri 1 Wangon (Tim 1), SMK Boedi Utomo 3 Maos, MAN 1 Banjarnegera, SMK Muhammadiyah Cilacap, SMA Negeri 1 Cilacap, SMA Yos Sudarso, SMK Bunda Satria Wangon, SMK Negeri Binangun, SMK Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara dan SMK Karya Teknologi (Kartek) 2 Jatilawang.

            Perlombaan yang berjalan sangat sengit, akhirnya dimenangkan oleh PMR Wira MAN 1 Cilacap. Gelar sebagai Juara I dengan mendapat skor 1001 yang merupakan akumulasi dari perlombaan Pertolongan Pertama dan LCT. Khusus materi lomba Pertolongan Pertama bisa menyapu bersih seluruh soal dengan sempurna. Sebagai Juara II dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Wangon dengan nilai 996 dan keluar sebagai Juara III diraih oleh SMK Kartek Jatilawang Banyumas yang memperoleh nilai 956.

            Sebagai Juara I PMR Wira MAN 1 Cilacap berhak membawa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. (Agus eS.)