Pokjaluh Bersihkan Masjid Dan Sumbang Mukena

Kendal – Sebanyak 27 Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal yang tergabung dalam Kelompok Kerja Penyuluh (pokjaluh) pada Kamis (09/02) mendatangi masjid Roudlotul Jannah Dusun Glagah Desa Leban Kecamatan Boja. Kedatangan Pokjaluh yang lengkap dengan alat-alat kebersihan itu dalam rangka membersihkan masjid tersebut.

Ketua Pokjaluh Yamahsari mengungkapkan bahwa kegiatan yang bernama Gerakan Kamis Bersih ini merupakan agenda rutin yang tertulis dalam program kerja tahunan pokjaluh sejak tahun 2016 yang dilaksanakan tiap bulan dalam rangka aktualisasi nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari, Kebersihan Sebagian Dari Iman.

“Kami meneruskan program kerja tahun lalu yang dinilai memiliki manfaat bagi masyarakat,” ujar Yamahsari, yang terpilih sebagai Ketua Pokjaluh baru bulan lalu.

Yamahsari menambahkan, bahwa dalam penyuluhan tidak selalu dilaksanakan dengan metode dialog atau ceramah namun penyuluhan juga mesti dilaksanakan dengan metode dakwah bil hal  atau dakwah dengan perbuatan, sehingga masyarakat juga tergugah untuk berperan serta dalam kegiatan tersebut dan selanjutnya menjadi semangat untuk terus menjaga kebersihan masjid.

Efek lain yang diharapkan dari program ini adalah rasa nyaman yang didapat oleh masyarakat ketika menjalankan ibadah, “Dengan kondisi nyaman tentu jemaah yang ada di masjid akan lebih khusyuk dalam ibadah,” imbuhnya

Kedepannya diharapkan, kegiatan ini perlu dilestarikan dan dijaga sebagai wujud pengabdian penyuluh kepada masyarakat selain tentu saja sebagai ajang silaturahmi penyuluh agama dengan tokoh agama yang bergerak dalam pengelolaan dan pemakmuran masjid.

Sementara itu Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Kendal Ahmad Zaenudin yang turut serta dalam kegiatan bersih masjid ini mengapresiasi kegiatan ini dan berharap peningkatan kuantitas masjid yang di jangkau oleh gerakan kamis bersih ini.

Dari pantauan redaksi,para penyuluh tampak bersemangat membersihkan halaman, tempat wudhu, dan ruangan masjid hingga kondisinya bersih dan wangi. Bersamaan dengan kegiatan itu diserahkan pula bantuan berupa mukena kepada takmir masjid yang di wakili oleh H. Basuni. (NA/ja/gt)