Pokjaluh dan BAZNAS Purbalingga Tebar Kebaikan melalui Bakti Sosial

Purbalingga – Dalam rangka menumbuhkembangkan keshalihan individu dan keshalihan sosial  sekaligus mensosialisasikan visi-misi  Kantor Kementerian Agama, Pemerintah Daerah dan BAZNAS Kabupaten Purbalingga, POKJALUH Kabupaten Purbalingga menggelar kegiatan Pengajian Umum dan Bakti Sosial di komplek Masjid Baiturohim Dukuh Jumbleng Desa Binangun Kecamatan Mrebet.

Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kabupaten Purbalingga, Khikam Aziz menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan Kamis (09/11) ini dihadiri pengunjung dari masyarakat sekitar khususnya kaum dhuafa, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama, perangkat desa, kepala desa, Camat beserta Forkompimda, serta Kabag Kesra mewakili Bupati Purbalingga. Dari unsur Kantor Kementerian Agama hadir Kepala Seksi Pendidikan Madrasah mewakili Plt. Kepala Kankemenag, Pengawas RA/BA-MI, Kepala KUA, serta para penyuluh fungsional maupun penyuluh non PNS anggota POKJALUH kabupaten Purbalingga.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara gotong royong dengan biaya operasional sebesar Rp 14.500.000,00 yang ditopang secara gotong royong pula antara Pengurus Pokjaluh, Pokjahulu, FKPAI Kecamatan Mrebet, Pemerintah Desa Binangun, Muslimat – Fatayat Ranting Desa Binangun dan para donatur lainnya,” tutur Khikam.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini telah berhasil dihimpun bantuan dari Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga sebanyak 143 bingkisan yang terdiri dari Mushaf Al Quran, Juz’amma, alat sholat dan Buku Keagamaan. Sedangkan dari BAZNAS berupa 100 Paket Sembako senilai masing-masing Rp 100.000,00, beasiswa pendidikan bagi 6  siswa SMP/MTs masing-masing Rp 550.000,00 dan bagi 3 siswa SLTA/MA masing – masing Rp 780.000,00. Untuk  Modal Usaha Produktif diterimakan kepada 10 orang masing-masing Rp 450.000,00, sedangkan  Bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni diberikan kepada 5 orang penerima masing-masing Rp 10.000.000,00. Jumlah seluruh  bantuan yang disalurkan dari BAZNAS Purbalingga dalam kegiatan ini adalah Rp 70.140.000,00.

Kabag Kesra Setda Purbalingga, Priyo Satmoko dan Kasi Pendidikan Madrasah, Ratmono dalam sambutan masing-masing memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Menurut mereka kegiatan yang dilaksanakan Pokjaluh dan BAZNAS yang sudah berjalan beberapa tahun ini terbukti memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Sedangkan Ketua BAZNAS Purbalingga, Chumaedi mengajak masyarakat untuk melaksanakan kewajibannya menunaikan zakat mal yang telah diwajibkan dalam ajaran agama Islam bagi mereka yang hartanya telah memenuhi nishob. Kesadaran untuk membayar zakat ini perlu dibangkitkan, karena zakat yang terkumpul di lembaga amil zakat seperti Baznas memiliki manfaat yang luar biasa bagi masyarakat yang membutuhkan sehingga keshalihan sosial yang diamanatkan dalam ajaran Islam bisa terwujud nyata.

Pengasuh Pondok Pesantren Az Zuhriyyah Karangsentul Purbalingga, K.H. Nurkholis Masrur dalam tausiyahnya menyampaikan materi Tanda-tanda Ahli Syurga.

“Di antara tanda-tanda Ahli Syurga adalah wajah yang berseri-seri, lidah yang terjaga dari menyakiti orang lain, dan tangan yang mudah memberi atau dermawan,” ungkap Nurkholis.

Kyai kharismatik ini juga berwasiat kepada masyarakat yang hadir untuk meniru filosofi tangan kanan dan tangan kiri yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing dan saat keduanya bersatu memiliki kekuatan yang lebih besar. Maka dengan terciptanya kerukunan di masyarakat, ditambah dengan rasa kebersamaan dan sikap saling peduli kemiskinan akan semakin terkikis. Dengan meningkatnya keshalihan sosial di masyarakat, hidup terasa lebih bermartabat. (sar/gt)