Pokjawas Mengadakan Pendampingan Persiapan Akreditasi MI

Temanggung – Akreditasi bagi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, tahap dua akan mulai serentak dilaksanakan 22 Oktober sampai 4 November 2018.

Beberapa Madrasah Ibtidaiyah di Wilayah Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung akan menjadi sasaran visitasi pada periode kedua ini. Diantara MI, sasarannya antara lain MI Najmul Huda Salamsari Kedu, MI Darul Jihad Gemawang, MI Sigedong Tretetep, dan MI Maarif Al Huda Canggal Kledung.

Menurut Miftakhul Hadi selaku ketua Pokjawas, menyampaikan bahwa keempat MI tersebut secara kesiapan sarpras dan administrasi, daya dukung siswa dan kemampuan finansial masih sangat terbatas.

“Oleh karena melihat keterbatasan tersebut, pengurus Pokjawas berinisiasi untuk memberikan pendampingan dalam menyiapkan materi akreditasi yang meliputi delapan standar,” ujar Miftakhul Hadi.

Selanjutnya disampaikan juga bahwa untuk pendampingan tersebut, dibagi menjadi tiga team ke masing-masing madrasah. Adapun kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 15 sd 16 Oktober 2018.

Sementara itu menurut Komari, salah satu anggota team pendamping menjelaskan, bahwa fokus pembinaan pada ketersediaan perangkat adminstrasi dan bukti fisik terutama pada standar isi, proses, SKL dan penilaian yang semuanya menjadi tanggung jawab individual semua guru.

“Sedangkan untuk standar sarpras hanya memberikan masukan tentang pengaturan sarana prasarana dan fasilitas yang tersedia,” ujarnya Komari mengakhiri pembicaraan.

Ditempat terpisah, salah satu Kepala Madrasah yang menjadi sasaran pendampingan, H. Paijo, Kepala MI Darul Jihad Gemawang menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan para pendamping. Menurutnya kegiatan ini selain memberi wawasan kepada para guru terkait kesiapan akreditasi juga memberi motivasi kepada pengurus dan wali murid untuk lebih mendukung kesuksesan akreditasi.(nm-sr/sua)