Polres Wonogiri Gelar Silaturahmi dengan Pengurus FKUB

Wonogiri – Dalam rangka memantapkan dan meningkatkan toleransi serta kerukunan umat beragama, Kapolres Wonogiri AKBP Ronald Reflie Rumondor  beserta jajaran melakukan kunjungan dan silaturahmi dengan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Wonogiri, di Rumah Ketua FKUB Soetopobroto Wonokarto pada Jum’at (31/03), hadir dalam pertemuan tersebut Kapolres beserta Kasat dan staf serta pengurus FKUB.

Kapolres Wonogiri AKBP Ronald Reflie Rumondor yang memimpin kunjungan dan pertemuan tersebut berterima kasih atas peran FKUB sebagai penyangga kerukunan umat, serta meminta kepada para forum untuk meningkatkan dan memantapkan toleransi dan kerukunan umat beragama.

“Melalui FKUB ini kami meminta dukungan kerja sama dan partisipasi tomas dan toga untuk meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama dan mencegah adanya skenario isu ke arah SARA, pentingnya menjaga Kebhinnekaan serta menjaga dan menciptakan kamtibmas di kota gaplek,” harap Kapolres

Menurut Kapolres, Kabupaten Wonogiri termasuk wilayah yang kondusif, oleh karena itu kebersamaan dan saling menghargai serta toleransi antarsesama pemeluk agama perlu terus ditingkatkan kepada  semua pemuka agama agar bisa mengarahkan kepada umatnya untuk bersikap bijak, yaitu tidak mudah terpengaruh oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab.

“Terus pupuk dan bina kerukunan beragama jangan sampai putus, jangan bercerai berai hanya masalah sepele, jika ada permasalahan supaya diselesaikan dengan musyawarah”, ungkap AKBP Ronald Reflie Rumondor

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Wonogiri secara khusus menyampaikan terima kasih atas kerjasama yg telah dilakukan dengan FKUB selama ini dalam menciptakan situasi Kamtibmas berjalan dengan aman dan baik khususnya dalam kerukunan beragama, serta  beliau juga mengenalkan penggatinya/ Kapolres yang baru di Wonogiri.

“Dengan mendekatkan diri kepada masyarakat lintas agama, diharapkan bisa menjadi mitra Polri dalam hal penanggulangan perbedaan paham-paham yang dapat mengancam kerukunan hidup antarumat beragama di Indonesia terutama masyarakat Kabupaten Wonogiri,” imbuhnya.

Sedangkan Ketua FKUB H. Soetopobroto mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan silaturahminya, beliau menyampaikan bahwa silaturohmi dan koordinasi  FKUB dan jajaran Polres Wonogiri bisa mengenal lembaga FKUB, dan bisa mengimplementasikan langkah-langkah strategis dalam rangka menjaga kerukunan antar umat beragama dan menjaga iklim kondusif di daerah.

Soetopobroto juga memaparkan program-program FKUB utamanya kegiatan sosialisasi kedaerah/daerah serta safari ke ormas-ormas keagamaan di bumi wonogiri, semua berjalan dengan lancar dan baik.

Karena menurut Soetopobroto, tanggung jawab atas kerukunan umat beragama adalah tanggung jawab seluruh umat beragama. Masalah Kerukunan umat beragama harus terus kita perhatikan secara seksama, karena agama memainkan peranan yang penting dalam segala aspek kehidupan ini.

Kasubbag TU Kankemenag Wonogiri, Hj. Fatonah mengapresiasi acara tersebut, memang lembaga penegak hukum harus bersinergi dengan FKUB, sehingga ketika terjadi kasus atau masalah cepat di cari solusinya atau cepat melakukan tindakan.

“Pemerintah Daerah, Kemenag, FKUB dan lembaga hukum baik Kepolisian, Pengadilan  dan Kejaksaan harus bersinergi,  selalu melakukan dialog dan komunikasi  untuk antisipasi konflik  antar umat beragama sehingga kerukunan bisa tercipta” tegasnya. (Mursyid_Heri/Wul)