PPDB MAN IC Pekalongan Diperebutkan 1.521 Peserta

Pekalongan (Pendidikan Madrasah) – Kementerian Agama menggelar seleksi nasional Penerimaan Siswa Didik Baru (PPDB) Madrasah Insan Cendikia (MAN IC) Sabtu (18/03) secara serentak di 29 Provinsi se- Indonesia. Salah satu MAN IC yang diperebutkan adalah MAN IC Pekalongan yang berada di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Jalan K.H. Ahmad Dahlan RT.04/RW.06, Banyurip, Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan.

Kepala Seksi Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Akhmad Su’aidi mengatakan bahwa ada 1.521 peserta yang mendaftar di MAN IC Pekalongan dengan rincian 395 pendaftar dengan pilihan pertama MAN IC Pekalongan sedangkan 1.126 sisanya menjadikan pilihan ke-dua. Sejumlah calon peserta didik tersebut akan memperebutkan 96 bangku yang tersedia di MAN IC Pekalongan.

“Kalau kuota yang tersedia adalah 96 siswa maka satu bangku MAN IC Pekalongan akan direbutkan oleh 15 siswa,” tutur Su’aidi.

Menurut Su’aidi, peminat MAN IC tidak hanya berasal dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) saja, tapi banyak juga siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), negeri maupun swasta. Pendaftar dari SMP Swasta sebanyak 35,57 persen, sedangkan MTs Swasta hanya 20,51 persen. “Justru peminat MAN IC Pekalongan dari SMP Swasta lebih banyak dari pada dari MTs Swasta,” ujarnya.

Seleksi PPDB MAN IC di Jawa Tengah ini dilaksanakan di dua lokasi yaitu MAN IC Pekalongan dan MAN 2 Kota Pekalongan. Adapun materi yang diujikan, yaitu: Tes Potensi Akademik, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, serta PAI dan Bahasa Arab. “PPDB MAN IC Pekalongan tahun 2017 ini merupakan yang ke-3 sejak pertama kali dibuka pada tahun 2015,” pungkasnya.

MAN IC Pekalongan adalah salah satu MAN IC yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI sebagai madrasah unggulan yang mengembangkan riset dan sains untuk mencetak generasi cendikiawan muslim yang handal untuk masa depan Islam dan Indonesia. [asym/wul]