PPIH Embarkasi/ Debarkasi Solo (SOC) Tahun 1438 H Resmi Dilantik

Boyolali (PHU) – Penyelenggaraan Ibadah Haji merupakan kegiatan berskala nasional, sehingga melibatkan lintas sektoral. Pada hari ini Jum’at 6 Juli 2017 dilaksanakan pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo (SOC) di Hotel The Sunan Jl. Ahmad Yani Surakarta. Hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri  Ahda Barori,  Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Edy Djoko Pramono, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani dan Vice President Hajj dan Umrah PT Garuda Indonesia Hadi Syahrean.

Direktur Pelayanan Haji dan Umrah Dalam Negeri Ahda Barori menyampaikan, yang harus dipersiapkan untuk calon jemaah haji menjelang keberangkatan adalah visa, gelang identitas, penggantian biaya paspor, living cost, termasuk pelayanan akomodasi dan konsumsi selama transit di Asrama Haji Donohudan.

“Kloter pertama masuk asrama pada tanggal 27 Juli 2017 sehingga masih ada waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya sampai dengan hari H nanti,” jelas Ahda.

Dalam hal kesehatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani menyatakan harus tegas dalam Istithaah kesehatan calon jemaah haji. “Penentuan Istithaah kesehatan calon jemaah haji,  berangkat atau tidak ditetapkan di Kabupaten / Kota. Pelaksanaan Vaksin harus sudah selesai di Kabupaten /Kota 10 hari sebelum calon jemaah haji masuk asrama,” tegas Farhani.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Edy Joko Pramono menegaskan, pihak Asrama Haji Donohudan diharapkan untuk mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan penyambutan calon jemaah haji pada 27 Juli 2017 nanti.

“Upayakan semaksimal mungkin kwalitas kesiapan asrama dari akomodasi, toilet, kebersihan dan sarana prasarana yang lain telah benar-benar siap menyambut kedatangan calon jemaah. Kekurangan – kekurangan tahun lalu untuk bisa diperbaiki di tahun ini,” ungkap Edy.

Dalam akhir sambutannya Edy mengucapkan selamat menjalankan tugas bagi PPIH yang telah dilantik semoga jemaah haji tahun ini dapat terlayani dengan baik dan dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan dapat predikat menjadi haji mabrur. (nas-gu/gt)