PPIH Embarkasi Solo Pastikan Keaslian Air Zamzam

Boyolali (Inmas) – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo mulai mendistribusikan air zamzam ke daerah asal calon Jemaah haji (CJH). Air tersebut dibawa ke Tanah Air menggunakan pesawat yang kembali setelah mengantar Jemaah ke Arab Saudi.

Kasubbag Humas PPIH Embarkasi Solo, Afief Mundzir memastikan bahwa air zamzam yang terdistribusi ke Indonesia terjamin keasliannya. Dikatakannya bahwa hal itu merupakan komitmen PPIH dalam memberikan pelayanan kepada CJH asal Provinsi Jateng dan DIY.

“Pemerintah sudah menjamin keaslian air zamzam yang terdistribusi ke Indonesia. Kecurangan oknum tertentu sudah diantisipasi selama pengiriman dari Arab Saudi ke Indonesia. Jemaah Haji dan keluarga tidak perlu khawatir karena zamzam datang ke Tanah Air dengan pengawasan yang ketat,” kata Afief saat jumpa pers bersama wartawan, (09/08).

Lebih lanjut Kasubbag Humas PPIH Embarkasi Solo mengatakan bahwa setibanya di tanah air, zamzam ditempatkan di gedung khusus pada Embarkasi Solo. Selanjutnya akan didistribusikan ke daerah masing-masing sehingga sekembalinya seluruh Jemaah haji ke daerah sudah dapat membawa pulang air zamzam.

“Setiap Jemaah haji akan mendapatkan satu galon air zamzam yang berkapasitas lima liter. Sehingga mereka tidak perlu menggotong beban saat kembali ke Indonesia. Terlebih kebanyakan Jemaah kita berusia lanjut. Jika harus membawa banyak beban akan memberatkan Jemaah,” jelas Afief.

Sebanyak 34.112 galon air zamzam akan dikirim secara bertahap hingga 15 Agustus 2018 menggunakan pesawat Garuda Indonesia dalam keadaan kosong penumpang. Puluhan ribu gallon tersebut diletakkan di salah satu gudang Embarkasi solo untuk selanjutnya didistribusikan ke daerah-daerah. (hd/aff)