Prakom Dukung Inovasi Layanan Kemenag

Semarang — Pranata Komputer (Prakom) Kankemenag Kota Semarang, Arya Maulana mengikuti kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Karir Jabatan Fungsional Prakom di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, yang dilaksanakan di Hotel Syariah Solo pada 3-5/11.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Subbag Perencana, Data dan Informasi Kanwil Kemenag Provinsi Jateng. “Ada 29 Prakom dari Kankemenag Kab/Kota se Jateng yang mengikuti kegiatan ini,” jelas Arya.

Acara dibuka oleh Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Jateng Fajar Adhi Nugroho. “Sistem ikatan Prakom insyaaAllah Saya dukung sepenuhnya,” ucap Fajar dalam sambutannya.

Dijelaskan Fajar, tahun ini ada 11 Kemenag Kab/Kota yang menjadi pilot project Zona Integritas (ZI). Semuanya mempunyai inovasi dalam pengembangan sistem informasi layanan.

Melalui kegiatan ini peserta menyampaikan usul agar Kanwil Kemenag Provinsi  Jateng mengintegrasikan inovasi-inovasi sistem informasi layanan yang telah dibuat oleh masing-masing Kemenag Kab/Kota. Kanwilpun diimbau untuk bisa menggandeng Prakom Kemenag se-Jateng guna mengembangkan sistem informasi yang ada. Sehingga nantinya dalam pengembangan sistem informasi di lingkungan Kemenag Provinsi Jateng tidak perlu menggunakan jasa pihak ketiga.

“Kami berharap Kanwil Kemenag Provinsi Jateng dapat memberdayagunakan Prakom yang ada di Kemenag Kab/Kota guna mengembangkan sistem informasi. Dengan demikian dapat menambah/mengembangkan keilmuan dan memperluas wawasan Prakom. Selain itu, jika hal ini bisa terealisir, maka akan menjadi lumbung angka kredit bagi Prakom dan tentunya meningkatkan karir Prakom di wilayah Kemenag Provinsi Jateng,” ujar Jalil, salah satu peserta yang mewakili Kanwil Kemenag Prov.Jateng.

Dikatakan oleh Arya, kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang peningkatan pengembangan karir dan wawasan Prakom, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi antar Prakom se Jateng. – (arya/iq/bd)