Praktik Manasik Haji Diawali Pengenalan Pesawat

Karanganyar – Mendekati waktu pelaksanaan Ibadah Haji 1437H/2016M di tanah suci, Calon Jemaah asal Kabupaten Karanganyar mengikuti manasik haji sejak hari Senin, (18/07). Model manasik yang diberikan oleh Kementerian Agama dan Pemerintah Kabupaten Karanganyar pun beragam, mulai dari teori manasik tingkat Kabupaten, teori manasik tingkat Kecamatan, hingga praktek menasik yang disponsori oleh Pemkab.

Berbeda dari tempat lainnya, Praktik Manasik bagi Calhaj asal Kabupaten Karanganyar terdapat sesi simulasi naik pesawat terbang. Sebelum latihan thawaf, sa’i, wukuf dan lempar jumrah, Calhaj memulainya dengan naik pesawat terbang Lawu Air milik Pemkab di Edupark pagi tadi, (27/07).

Disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad bahwa praktek di pesawat terbang sangat membantu bagi Calhaj. Tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak Calhaj yang belum pernah naik pesawat terbang, sehingga hal itu dapat memberikan pengetahuan dan pengalamannya, terutama terkait ibadah dan MCK di pesawat.

Sehari sebelumnya, saat pembukaan manasik haji yang disponsori Pemkab, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud perhatian pemerintah kepada calon jemaah haji.

“Untuk memuliakan tamu allah SWT, semoga selalu diberikan kesehatan, keselamatan sampai kembalinya lagi ke tanah air,” tutur Bupati.

Lebih lanjut Bupati menghimbau agar Calhaj untuk selalu menjaga kesehatannya guna kelancaran Ibadah Haji. “Semoga dengan adanya manasik dapat memberikan banyak manfaat dan menumbuhkan kekompakan bagi jama’ah calon haji khususnya Kab. Karanganyar. Ada dua hal penting yang ingin saya sampaikan pada para jama’ah, yakni untuk selalu jaga kesehatan fisik dan berdo’alah selalu di tanah suci,” pesannya.

Keseluruhan jama’ah calon haji Karanganyar berjumlah 471 orang, terbagi menjadi dua kloter yakni kloter 20 berjumlah 355 jama’ah dan kloter 56 berjumlah 116 jama’ah. Kloter 20, jama’ah calhaj akan diberangkatkan Tanggal 15 Agustus 2016, pukul 21.00 WIB sudah masuk di asrama haji Donohudan sedangkan kloter 56 akan berangkat Tanggal 30 Agustus 2016 pukul 07.00 WIB.

Setelah manasik haji selesai, rencananya Pemkab akan menyelenggarakan pamitan haji yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2016 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar. (hd/gt)