Pramuka Membentuk Kepribadian Dan Karakter Anak

Temanggung – Pramuka merupakan kegiatan positif yang akan membentuk kepribadian dan karakter anak-anak, seperti kedisiplinan, tanggungjawab dan kejujuran.

Demikian disampaikan Bambang Ar Rahman, selaku ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Temanggung dalam pembukaan pesta siaga tahun 2018 bertempat di SMPN 2 Temanggung, Sabtu (10/03).

Menurutnya dengan pesta siaga, anak-anak bisa melatih dan mengasah kemampuan diri dalam hal pengetahuan, keberanian, kekompakan dan rasa percaya diri.

“Ini acara yang sangat bagus dalam membangun karakter anak. Disini mereka dilatih kerjasama, saling menolong, kekompakan dan keberanian. Mereka semua adalah bibit unggul, generasi Temanggung yang pintar dan berani. Pendidikan mereka harus terus diperhatikan,” tegasnya.

Selanjutnya diharapkan kegiatan kali ini dapat memilih barung yang terbaik untuk menjadi wakil  Kabupaten Temanggung di Tingkat Korwil Kedu yang akan dilaksanakan 24 Maret 2018 di Kebumen.

Sementara itu Subardi selaku ketua penyelenggara melaporkan bahwa kegiatan pesta siaga kali ini total ada 40 tim atau barung yang mengikuti Pesta Siaga tersebut. Masing-masing terdiri dari 20 barung putra da 20 barung putri yang merupakan perwakilan dari 20 Kwaran/Kecamatan se-Kabupaten Temanggung. Tergiat pertama nantinya akan mewakili Temanggung di Pesta Siaga tingkat Korwil Kedu yang akan dilaksanakan 24 Maret 2018 di Kebumen.

Mereka akan mengikuti dan menampilkan kemahiran dan ketrampilannya di beberapa pos yang disiapkan.

“Di sini anak-anak akan berlomba menunjukkan keahlian di bidang pengetahuan, kekompakan, seni budaya dan ketangkasan lainnya yang memuat nilai kemandirian, kerjasama, nasionalisme, tolong menolong dan keberanian. Setidaknya ada 11 pos penilaian yang didirikan panitia untuk menilai kemampuan masing-masing tim. Semoga ini bisa mewujudkan generasi penerus yang kuat,” terangnya.

Diantara yang dilombakan adalah keagamaan, baris berbaris, seni  budaya, alat musik tradisional, kereta bola basket, kompas sandi ikatan, atribut pramuka dan  membaca peta Jawa Tengahku hebat.

Dalam kegiatan ini menetapkan sebagai juara  Barung Putra yaitu, Juara 1 Kandangan, Juara 2 Tlogomulyo, Juara 3 Ngadirejo, Harapan 1 Temanggung, Harapan 2 Kaloran, Harapan 3 Gemawang .

Barung Putri yaitu Juara 1 Gemawang, Juara 2 Kandangan,  Juara 3 Temanggung,  Harapan 1 Tembarak, Harapan 2 Kaloran, Harapan 3 Bulu. (nm/sr/rf)