Pramuka sebagai kegiatan menumbuhkan sikap nasionalisme

Temanggung – Lomba Kepramukaan Penggalang Lord Baden Powell atau lebih dikenal dengan LBP XVII yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Gugus Depan 905/906 Pangkalan SMA Negeri 2 Temanggung, merupakan suatu kegiatan yang berupaya untuk meningkatkan dan menumbuh kembangkan sikap nasionalisme dan patriotisme bangsa melalui Gerakan Pramuka, harapannya Pramuka bisa menjadi pembawa damai di Temanggung dan sebagai pelopor di daerah-daerah lain.

Menurut Drs. Bambang Arahman, M.M, Ketua Kwarcab Kab. Temanggung dalam sambutannya pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan bahwa “Kegiatan Pramuka harus mampu menjadi garda terdepan dalam pembentukan karakter bangsa. Selain itu lomba ini diharapkan mampu memberikan suasana kompetitif yang mendidik adik-adik yang aktif dalam kegiatan pramuka”.

Lomba yang diikuti 19 pangkalan ini menggiatkan prestasi : Kolone Tongkat, Baden Powell Track dan P3K, Yel-yel, PBB, Lomba Cepat Tepat Pramuka dan Nasionalisme (LCTPN), Dongeng Temanggungan, Tari Kreasi, Speech Contest, Mading 3 Dimensi, Melukis Tempat Sampah, Hasta Karya, serta Scout Mission.

Gerakan Pramuka Gugus Depan 1123/1124 “Sank Sakakala” yang berpangkalan di MTs Negeri Kedu berpartisipasi secara aktif dalam lomba yang dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Maret 2015. Partisipasi ini sudah menjadi agenda tahunan dan masuk dalam program kerja bidang kesiswaan.

Menurut Asrofi, S.Ag. selaku Waka Sarpras dalam sambutannya ketika melepas peserta lomba bahwa “Kegiatan LBP dapat dijadikan sebagai media untuk mengetahui dan mencari bibit dalam bidang kepramukaan serta sebagai sarana pembentukan sikap siswa agar mempunyai sikap kompetitif aktif, sehingga mampu berbuat baik dan beradaptasi dimanapun berada.

Adapun hasil prestasi MTs Negeri Kedu dari kejuaran tersebut adalah Juara 1 : lomba PBB, Baden Powell Track, Scout Mission, Cepat Tepat Pramuka dan Nasionalisme (LCTPN), Dongeng Temanggungan. Juara 2 : Lomba Kolone Tongkat, Mading 3 Dimensi, Melukis Tempat Sampah. Juara 3 : Lomba Hasta Karya. Oleh karena itu, tahun 2015 pangkalan “Sank Sakakala” menjadi juara 1 Troop B pada LBP XVII. Hal ini sebagai langkah estafet prestasi MTs Negeri Kedu yang sebelumnya juga berprestasi di LBP XVI tahun 2014 sebagai juara 3 Troop B. (humas)