Program Khatam Al Quran dalam sehari

Karanganyar – Bulan Suci Ramadhan selalu saja menjadi primadona bagi umat muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia dengan penduduk mayoritasnya beragama Islam. Pada bulan ini masjid tidak pernah sepi, orang lebih mudah untuk bersedekah, Al-Qur’an kembali menjadi bacaan favoritnya, dan masih banyak kegiatan ibadah lainnya yang diminati orang.

Momentum ini sepertinya tidak disia-siakan oleh Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar untuk membuat program Karanganyar Bertaqwa. Banyak program yang dibuat oleh Bupati dan Wakilnya selama Ramadhan, salah satunya adalah mengaji sebelum memulai pekerjaan.

Menyambut program tersebut, Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad membuat program sehari khatam Al Qur’an yang dimulai pagi tadi, Senin, 22/06/2015 di serambi masjid kantor. Dikatakan oleh Musta’in Ahmad bahwa pegawai di Kementerian Agama harus fasih dan mendukung program Karanganyar Bertaqwa itu.

“Program Karanganyar Bertaqwa dari Bupati dan Wakilnya ada banyak, salah satunya adalah semua kantor sebelum bekerja harus melakukan kajian kitab suci. Untuk yang beragama Islam dengan mengaji Al-Qur’an, sedangkan yang lain bisa membaca kitabnya masing-masing”, terang Kakankemenag saat membahas program Ramadhan bersama pegawai kantor beberapa waktu lalu, 18/06/15.

Menurut Musta’in, Gerakan Karanganyar bertaqwa adalah kesempatan kita menggunakan momentum Ramadhan ini untuk meningkatkan ketaqwaan. Meningkatkan ketaqwaan masyarakat Karanganyar, meningkatkan ketaqwaan aparatur sipil negara dan aparatur pemerintah di Kabupaten Karanganyar.

Masing-masing pegawai mengambil kupon bertuliskan ayat dan surat dalam Al-Quran yang berbeda satu dengan lainnya, kemudian membacanya secara bersama. Setiap pegawai hanya dibebani setengah juz saja, namun bila ada kupon yang tersisa boleh menambah lagi, sehingga tidak ada satu ayat pun yang tidak terbaca. Akhirnya sehari itu Al Qur’an selesai dibaca oleh seluruh pegawai di Kemenag Kabupaten Karanganyar.

Program sehari khatam Al-Quran dilaksanakan setiap hari Senin-Rabu. Untuk hari Kamisnya diisi dengan kajian dari Mbah Damsiri dan Jum’atnya belajar Tilawatil Qur’an oleh Mahmud Chusoiri. Jelas terlihat bahwa seluruh pegawai sangat antusias mengikuti program tersebut. Suasana Ramadhan di kantor dan sekitarnya begitu terasa berkat lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibaca oleh seluruh pegawai Kankemenag Kabupaten Karanganyar. (Hadi)