Program Qurban Mubarok, Saatnya PAIF Kankemenag Kota Magelang Berbagi

Kota Magelang – Pada 10 Dzulhijjah semua umat Islam merayakan hari besar Idul Adha yang juga di kenal dengan hari raya qurban. Tuntunan  hari raya qurban ini berawal dari Kisah Nabi  Ibrahim AS memberikan pengorbanan yang besar dan mengagumkan, yaitu menerima perintah menyembelih putranya Nabi Ismail AS. Atas pengabdiannya yang ikhlas sebagai hamba kepada Alloh SWT, kemudian Alloh SWT menukar Nabi Ismail AS dengan seekor kibasy.  Ibadah qurban penuh dengan kebijaksanaan dan simbolik, yakni berupa pengorbanan dan pengabdian yang tulus sebagai hamba kepada sang penciptanya, yang ditandai dengan menyembelih hewan ternak untuk dibagikan kepada penduduk sekitar.

Pokjaluh Kankemenag Kota Magelang yang memiliki fungsi edukatif, informatif, konsultatif, advokasi/ perlindungan terhadap masyarakat dan motivatif, memberikan keteladanan dengan kegiatan rutin disetiap tahunnya dengan menyembelih hewan qurban yang dikemas dalam kegiatan Qurban Mubarok. Pada hari raya qurban 1442 H ini Pokjaluh Kankemenag Kota Magelang menyembelih seekor sapi yang diperuntukkan bagi masyarakat di sekitar Kankemenag kota Magelang, KUA Kecamatan dan pegwai pramubakti. Selain itu juga menyerahkan seekor kambing kepada takmir masjid PAN Amin Pongangan Wates untuk penduduk setempat.

Dalam kesempatan itu Kepala Kementerian Agama Kota Magelang disamping menyampaikan apresiasi kepada Pokjaluh, beliau juga megatakan “Dampak pandemi Covid 19 merambah kesemua lini kehidupan, terlebih sangat dirasakan pada sektor ekonimi. Daya beli masyarakat semakin menurun, pemutusan hubungan kerja juga semakin marak. Sebagai penyuluh yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat harus lebih giat dalam memberikan pembinaan dan motivasi. Oleh karena itu walaupun saat ini kita baru mendapat ujian  pandemi covid-19  yang memberikan dampak  yang masyarakat mampu melewati masa sulit ini” ucap Sofia.

Selain sebagai bukti ketaatan sebagai hamba kepada Allah SWT, berqurban juga merupakan wujud kesalehan sosial karena daging qurban dibagikan dan dinikmati oleh orang lain” tambah Sofia kemudian.

Sri Marjanah Dwi Astuti ketua Pokjaluh Kankemenag Kota Magelang disela-sela kesibukannya mengkoordinir kegiatan ini, menyampaikan terimakasih kepada rekan-rekan sejawatnya yang bersemangat dan berdekdikasi tinggi merealisasikan program rutin tahunan dihari raya Idul Qurban sehingga berjalan dengan tanpa kendala.

Qurban Mubarok yang dilaksanakan di aula kantor pada 13 Dzulhijjah (Jum’at, 23/07) ini berakhir hingga tengah hari setelah para PAIF Kankemenag Kota Magelang mendistribusikannya dari rumah ke kerumah kapada penerimanya. Harapannya, semoga ditahun mendatang program Qurban Mubarok lebih meningkat dan menjadi inspirasi dan keteladan dalam beramal kebaikan. (Titiksoeprapti/Hari).