PTM dan PTK Untuk Meningkatkan Kemampuan Professional Guru Madrasah

Karanganyar – Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kemenag Karanganyar melaksanakan Kegiatan seminar tindakan kelas dan madrasah  dilakasanakan di MIN 2 Karanganyar  , dusun Karangwuni Desa Kragan Kecamatan Gondang Rejo Kabupaten Karanganyar  pada Jumat, 24 September 2021. Seminar ini Dihadiri oleh 9 pemakalah dan 22 peserta.

Kegiatan ini bertujuan  menambah keilmuan dalan  dan wawasan dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) dan   melengkapi pemenuhan pengembangan diri  pada aspek kegiatan kolektif.

Pengawas MI Kemenag Karanganyar, Nur Azis berkata,” Peserta yang ikut dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas dan Madrasah  mendapatkan ilmu dan wawasan baru seputar media, teknik dalam pembelajaran yang kekinian sesuai dengan alam anak dimana  wahana bermain merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari karakteristik anak tingkat sekolah dasar atau setingkat madrasah ibtidaiyah”.

Nur Azis juga mengatakan, bahwa kegigihan guru, tertib dalam pengarsipan dokumen, selalu upgrade ilmu dan tidak lupa dengan pengelolaan TPG untuk pengembangan diri merupakan  hal yang mutlak diperlukan ketika guru dan kepala madrasah akan mengajukan jenjang kepangkatan yang lebih tinggi.

Dengan adanya seminar tersebut diharapkan para peserta terlebih untuk guru  dan kepala madrasah tidak bosan dan termotivasi  untuk mengasah, menempa pada keilmuan yang terbarukan senantiasa  gigih dalam  meningkatkan jenjang karier kepangkatan yang bisa di jangkau pada semua jenjang, tanpa batasan wilayah, tingkatan pendidikan.

Hal ini  di sampaikan  narasumber  Kuswahyuningsih, M.Pd.  sebagai guru madya bahasa infggris di MAN Sukoharjo yang saat ini pada proses penyelesaian program doktoral  manajemen pendidikan  Islam di UIN RM Said Surakarta. Kegiatan ditutup dengan sesi Tanya jawab   pada  pemateri, dan juga narasumber sehingga ada feed back sangat dimungkinkan terjadi tukar informasi yang dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan terkait hal tersebut.

“Semoga dengan Penelitian Tindakan Madrasah (PTS) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah melakukan tindakan nyata untuk memperbaiki situasi atau melakukan inovasi Madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran sehingga mampu menghasilkan siswa yang berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap dalam menyelesaikan masalah dan mudah-mudahan seminar PTM dan PTK yang dilaksanakan dapat meningkatkan kemampuan profesional guru di Madrasah masing-masing,” harapnya Kuswahyuningsih kepada seluruh peserta yang hadir.(Ida/sua)