PTSP Kebumen, berangkat dari Good Governance dan Clean Government

Kebumen – Berangkat dari prinsip Good Governance and Clean Goverment Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kankemenag Kabupaten Kebumen dilaksanakan dengan baik, dan berangsur-angsur bisa diterima masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Subb Bagian Tata Usaha, Dra. Hj. Suwaibatul Aslamiyah, M.Ag, saat memberikan pemaparan PTSP pada kunjungan Study Banding Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, Kamis (27/9) di aula Kemenag Kebumen.

Kepala Kankemenag Banjarnegara, H. Masdiro, Spd, M.M., yang datang bersama jajaran pejabat dan ASN sejumlah 51 orang, terdiri dari 36 orang ASN satu atap, 10 utusan madrasah, dan 5 utusan KUA. Dia menghendaki agar ilmu yang akan mereka dapatkan nanti bisa diterapkan di Kabupaten Banjarnegara, “Terlebih saat ini juga sudah mulai banyak diterapkan PTSP serupa di beberapa Kemenag Kab/Kota lain,” ucap Masdiro.

“Saat ini Kankemenag Kabupaten Kebumen menjadi Ikon pembicaraan, khususnya di Provinsi Jawa Tengah, karena PTSP yang sudah dilaksanakannya,” papar Masdiro.

Dia salut karena Kemenag Kebumen saat ini selangkah lebih maju dari yang lain, terbukti bisa menjadi pionir dalam hal program PTSP. Masdiro mengaku, Kemenag Banjarnegara saat ini belum melakukan hal tersebut.

“Ada pelayanan semacam itu tapi belum kami resmikan, yaitu PTSA (Pelayanan Terpadu Satu Atap) terkait Haji dan pelayanannya,” imbuhnya.

Kepala Kankemenag Kebumen, H. Imam Tobroni, S.Ag, M.M., merasa senang dan bangga atas kehadiran Kemenag Banjarnegara dalam rangka silaturahmi dan study banding PTSP.

“Kami akan memberikan semua yang kami bisa, termasuk kloning aplikasi PTSP yang kami punya, silahkan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh dan gratis,” ucap Tobroni.

Kepala Kantor juga mengenalkan beberapa hal yang menjadi ikon Kemenag Kebumen, diantaranya kampung dakwah berbasis media yang terletak di desa Jemur, Kecamatan Pejagoan.

“Ini merupakan perpaduan dakwah melalui teknologi informasi, dan penerapan destinasi wisata desa Jemur,” paparnya.

Selain itu dia juga mengaku telah banyak menjalin kerjasama dengan berbagai instansi guna mendukung berjalannya kegiatan di Kemenag Kabupaten Kebumen, terutama PTSP dan pembangunan Zona Integritas.

“Saat ini Kemenag Kabupaten Kebumen masih dalam proses penilaian pembangunan Zona Integritas oleh tim dari Kemen PAN RB, semoga bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.(pt/sua)