PTSP, Upaya Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

Kota Magelang – Semangat berbenah diri penyelenggara negara dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat seyogyanya senantiasa tetap digelorakan. Senin, (24/09), di Aula Kankemanag Kota Magelang diselenggarakan kegiatan Pembinaan Hukum Dan Sosialisasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Di hadiri oleh beragam elemen masyarakat seperti, FKUB, BAZNAS, KBIH, BADKO TPQ dan Madin, Ormas Islam (NU & Muhammadiyah) dan Ketua Takmir masjid. Hadir pula dari unsur Pemerintahan Kota Magelang, yakni Kabag Kesra, para Camat, perwakilan Lurah serta instansi terkait lainnya.

Dalam kegiatan ini, audien mendapatkan penjelasan secara komprehensif mengenai pentingnya berinovasi dalam rangka meningkatkan kualitas layanan oleh lembaga/instansi pemerintahan. Kepala Kantor Kemenag Kota Magelang, Anif Solikhin mengatakan, mutu layanan kepada publik merupakan salah satu indikator capaian keberhasilan reformasi birokrasi yang telah secara bertahap digiatkan oleh pemerintah sejak tahun 2010.

“PTSP merupakan langkah konkrit Kankemenag Kota Magelang, guna mewujudkan layanan prima bagi masyarakat serta instansi lain yang membutuhkan, dengan mendayagunakan sistem informasi manajemen (elektronik). Dengan PTSP, kualitas dan kecepatan layanan menjadi lebih terukur dan terintegrasi.” ujar Anif.

Sebagai narasumber, Kompol Khamami S.H, selaku Wakapolres Magelang Kota, secara rinci memaparkan mengenai perbuatan melawan hukum berupa pungutan liar sebagai upaya mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi (tipikor), yang merupakan kejahatan luar biasa (extraordinary crime).

“Pembentukan satgas Saber Pungli dari tingkat pusat hingga daerah merupakan bukti keseriusan pemerintah guna memperkuat penegakan hukum dalam memberantas praktik-praktik pungli yang telah mengakar,” tegas Khamami.

Dengan di selenggarakannya kegiatan ini sangat diharapkan seluruh pelayanan di Kankemenag Kota Magelang menjadi semakin baik dan bebas sepenuhnya dari pungli. Di bagian akhir acara, secara spontan para tokoh masyarakat dan pimpinan lembaga/instansi yang hadir memberikan apresiasi dan dukungan positif terhadap penerapan PTSP pada Kankemenag Kota Magelang, dalam upayanya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.(Hs/Sua)