Puasa Bukan Halangan untuk Bekerja

Pemalang – Bulan Ramadhan tahun 1437 Hijriyah/2017 Masehi tidak lama lagi akan segera hadir. Kedatangan bulan yang penuh rahmat agar disambut dengan suka cita. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman saat memberi pembinaan kepada ASN jajaran Kankemenag, Jumat sore (26/5) di Mushola Al Ikhlas Kankemenag.

“Mari kita sambut datangnya bulan Ramadhan dengan penuh suka cita, kita isi dengan meningkatkan ibadah. Kita jaga kerukunan umat Islam, kepada para penyuluh berikan tausiyah yang menyejukkan,” himbau Taufik.

Pembinaan diikuti oleh 80 orang terdiri atas Pejabat Eselon IV dan pegawai Kankemenag, Kepala KUA wilayah Pantura, Pengawas Madrasah dan Pendidikan Agama Islam se-Kabupaten Pemalang, Penyuluh Agama Islam se-Kabupaten Pemalang, dan pensiunan Kemenag. Taufik meminta ASN di lingkungan Kemenag Kabupaten Pemalang untuk tetap semangat bekerja meskipun sedang berpuasa.

“Jangan jadikan puasa menjadi pembenaran untuk bermalas-malasan dalam bekerja. Meskipun puasa, kita harus semangat bekerja. Kinerja kita tidak boleh menurun, dan pelayanan kepada masyarakat tetap jalan seperti biasanya,” tegasnya.

Kegiatan diselenggarakan berbarengan dengan acara tasyakuran atas selesainya renovasi Mushola Al Ikhlas. Kegiatan diawali dengan pembacaan Al-Quran, setiap ASN membaca satu juz. Dilanjutkan dengan khataman, sholawatan, istighosah, dan pembinaan.

Selama bulan Ramadhan, Taufik menjelaskan Kankemenag mempunyai agenda rutin. Di waktu jam istirahat, ASN Kankemenag akan melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah di Mushola Al Ikhlas. Seusai sholat dilanjutkan dengan kegiatan baca Al-Quran. Kankemenag juga akan mengadakan kegiatan safari sholat berjamaah keliling Kabupaten Pemalang.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kita akan mengadakan kegiatan sahur dan sholat Subuh bersama, safari sholat Jumat, dan tarkhim keliling 14 kecamatan di Kabupaten Pemalang. Selama kegiatan kita akan memberikan bantuan kepada masyarakat. Mohon kepada ASN Kemenag yang ada di daerah-daerah untuk menyukseskan dan mengikuti agenda tersebut,” jelasnya.

Dalam kegiatan pembinaan, ada tiga orang ASN yang menerima surat keputusan. Diyono, pegawai KUA Kecamatan Comal menerima SK pensiun terhitung mulai tanggal 1 Juni 2017. Sementara itu, Candra Junaidi dan Moh. Kamal Najib menerima SK kenaikan pangkat, SK diserahkan oleh Kepala Kankemenag. (fi/rf)