Puasa Ramadhan Bukan Sekedar Rutinitas

Sukoharjo – Seruan dan ajakan untuk menyambut kedatangan bulan mulia, bulan ibadah dan  bulan Al Qur’an yakni bulan Ramadhan tak henti-hentinya menyeruak dari pengeras suara yang dipegang oleh Marganus Satya Negara, seorang guru yang mendarmabhaktikan dirinya di MIN 1 Sukoharjo, dengan dibantu rekannya sesama guru dan sesama Pengurus seksi Imtaq (Iman dan Taqwa) Madrasash Takbir Irianto. Mereka terus mengajak setiap orang yang ditemui di sepanjang rute pawai Ramadhan mulai dari halaman Madrasash hingga Alun-alun Satya Negara Sukoharjo, Selasa(23/05).

Sesaat sebelum Pawai Ramadhan diberangkatkan, Kepala MIN Sukoharjo, Umi Salasatun, dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kegiatan puasa Ramadhan yang kita laksankan hendaknya janganlah hanya sekedar dijadikan rutinitas tahunan semata melainkan kita harus mampu menangkap esensi,hikmah dan berbagai keutamaan yang ada di bulan puasa tersebut.

“Puasa itu bukan sekedar rutinitas tiap tahun, yang datang dikerjakan lalu dilupakan, akan tetapi puasa itu adalah yang mengingatkan kembali atas tujuan dan tugas utama kita yaitu ibadah kepada Allah, bulan dimana kita menghapus dosa-dosa kita, bulan penuh ampunan. Mari kita jadikan ramadhan kali ini menjadi ramdhan yang terbaik”, ujarnya.

Pawai Ramadhan tersebut diikuti oleh seluruh siswa-siswi, guru dan karyawan Madrasah dan merupakan kegiatan tahunan yang secara rutin digelar oleh MIN Sukoharjo dalam rangka memberikan motivasi positif bagi siswa didik pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, agar lebih bersemangat dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dan mengisinya dengan sebaik-baik amal ibadah.

Dalam kegiatan tersebut siswa-siswi MI Negeri 1 Sukoharjo membuat poster yang berisi slogan-slogan dan ajakan dalam menyambut bulan suci ramadhan. Dan juga menampilkan Marching Band yang merupakan ekstra kokurikuler terfavorit di Madrasah, di tambah pula dengan penampilan badut-badut lucu yang membagikan jadwal imsyakiyah kepada masyarakat sekitar atau pengendara yang lewat. (Bas/Djp/Wul)