Puasa untuk Kebersamaan dan Toleransi

Semarang – Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah Melalui Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf, Ahyani memberikan himbauan kepada masyarakat Jawa Tengah menghormati khususnya bagi umat Islam supaya dapat melaksanakan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menjalankan puasa dengan hidmat serta diisi dengan amalan-amalan yang dapat menambah nilai puasa kita sehingga dapat mendapatkan ridha-Nya.

“Dalam mengisi bulan Ramadhan mari kita isi dengan amalan seperti apa yang telah kita soialisasikan melalui beberapa Kankemenag di Jawa Tengah tentang sadar zakat melalui amil,” kata Ahyani saat diwawancari di ruang kerjanya, Jumat (03/06)

Diharapkan, masyarakat dalam melaksanakan zakat, infaq dan shadaqah dapat terarah dan ditasarufkan sesuai peruntukannya.

Ia juga menekankan kepada penyuluh Agama Islam agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dapat menjaga kondusifitas masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa, dapat mengantisipasi dan mencegah adanya aliran sesat maupun gerakan radikal serta aliran sosialis komunis yang dapat menyulut perpecahan.

“Penggunaan alat pengeras suara yang ada di Masjid, Mushalla dan langgar diharapkan sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga tidak mengganggu tetangga dan lingkungannya, imbuhnya.

Beliau juga berharap kepada pedagang makanan atau warung makan untuk dapat menyesuaikan pada bulan Ramadhan ini. (bd/gt)