Publikasi Kemenag tanggung jawab seluruh pegawai Kemenag

Karanganyar – Kehumasan erat kaitannya dengan nama baik dan pencitraan sebuah lembaga/institusi. Untuk itu Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Wiharso menghimbau agar tidak hanya pejabat humas saja yang mengenalkan kebaikan institusi pada masyarakat, namun semua pegawai di dalamnya.

“Dalam rangka mengenalkan dan mendekatkan Kementerian Agama pada masarakat kedepannya, kita harus memaksimalkan fungsi kehumasan yang ada. Tentunya fungsi kehumasan ini akan lebih efektif apabila dilakukan oleh seluruh pegawai di lingkungan Kemenag Kabupaten Karanganya.”

Demikian disampaikan Kasubbag TU saat memberi sambutan di acara rapat koordinasi keagamaan dan kehumasan tahun 2015, (17/12). Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor tersebut dihadiri oleh Kasi, Penyelenggara, Kepala KUA 17 Kecamatan beserta stafnya dan penyuluh agama Islam.

Lebih lanjut Kasubbag TU mengatakan bahwa cara paling mudah untuk mengenalkan Kementerian Agama pada masyarakat adalah dengan menulis berita dan menguploadnya ke internet. Karena menurutnya media online sekarang cara paling cepat, mudah dan masif untuk mengenalkan sebuah lembaga/institusi.

Seperti dilaporkan oleh humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar bahwa pemberitaan yang ditulis oleh timnya meningkat dari tahun ke tahun. Sejak adanya perintah untuk berkontribusi berita di Website Kanwil Kemenag Prov. Jateng pada tahun 2012, Kemenag Kabupaten Karanganyar selalu aktif untuk menulis dan memberikan berita kegiatannya. Tidak hanya melalui website, pada majalah dinas Sejahtera juga selalu aktif berkontribusi.

Melihat tren penulisan berita yang meningkat dari tahun ke tahun, Wiharso berpesan agar di tahun 2016 pemberitaan tentang kegiatan Kantor ditingkatkan. Namun menurutnya penulisan berita saat ini tidak hanya dibebankan pada Humas Kemenag saja, melainkan pegawai di seksi dan KUA juga diharapkan aktif membantu.

“Tahun depan saya berharap pemberitaan terkait kegiatan dan prestasi Kemenag lebih ditingkatkan. Selama ini memang sudah banyak teman-teman yang mengupload foto kegiatannya di Grup Whatsapp Keluarga Kemenag, kedepannya saya harap itu juga dibuatkan narasinya agar dapat di upload pada website dan dapat dijadikan berita yang enak dibaca oleh masyarakat,” ucap Wiharso.

Selain membahas tentang pencitraan Kemenag melalui penulisan berita, rapat Koordinasi Keagamaan dan Kehumasan juga membahas tentang pendataan keagamaan di lingkungan Kabupaten Karanganyar, diantaranya adalah rumah ibadat, jumlah pemeluk agama, dan lain sebagainya. (Hd)