Puluhan Perguruan Tinggi Gelar Expo di MAN 1 Tegal

Tegal (Slawi) – Expo Perguruan Tinggi 2019 di MAN 1 Tegal yang digelar selama satu hari dan dipusatkan di Lapangan Indoor MAN 1 Tegal, Jalan Ponpes Babakan Jatimulya Lebaksiu Tegal, Senin (14/1)

Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN 1 Tegal, Amari, mengatakan “Kegiatan expo perguruan tinggi ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di MAN 1 Tegal, karena tahun-tahun sebelumnya sifatnya hanya persentasi di kelas-kelas, tetapi sekarang lebih terpusat. Kegiatan Expo Perguruan Tinggi 2019 ini diikuti oleh 30 Perguruan Tinggi Terkemuka dan Terfavorit di Indonesia, diantaranya adalah UIN Walisongo Semarang, UNNES Semarang, UPGRIS Semarang, Unissula Semarang, UNDIP Semarang, UNS Surakarta, IAIN Salatiga, UIN Malang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UGM Yogyakarta, Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo, UMP Purwokerto, UMY Yogyakarta, IAIN Pekalongan, IAIN Purwokerto, IAIN Cirebon, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IPB Bogor, Universitas Indonesia Depok, UNJ Jakarta, UPI Bandung, UIN Sunan Gunung Jati Bandung, PKTJ Tegal, UPS Tegal, STAIBN Tegal, Stikes Bhamada Tegal, Politeknik Stibisnis Tegal (LP3I), Stimik YMI Tegal, UM Malang”.

“Tujuan diselenggarakan Expo Perguruan Tinggi 2019 ini sebagai rantai informasi agar para peserta didik kelas XII MAN 1 Tegal yang ingin meneruskan ke perguruan tinggi ini semakin tahu dan memahami yang menjadi tujuan mereka selanjutnya. Expo Perguruan Tinggi 2019 ini juga sangat memberikan manfaat untuk semua peserta didik kelas XII untuk berkonsultasi langsung dengan setiap perguruan tinggi yang datang ke sini mengenai pembiayaan, tempat kuliah, jurusan, dan beasiswa,” ujar Amari, Senin (14/1).

“Expo Perguruan Tinggi 2019 ini sangat bermanfaat sekali untuk kami, karena kami jadi semakin tahu fakultas dan jurusan yang ingin kami tuju” tutur salah satu peserta didik kelas XII MAN 1 Tegal.

Beberapa mahasiswa di 30 stand tampak sedang membagikan brosur dan melayani peserta didik kelas XII yang berkonsultasi.

Dengan adanya Expo Perguruan Tinggi 2019 ini mereka (peserta didik kelas XII) merasa terbantu untuk mencari Perguruan Terbaik terbaik dan jurusan yang pas. Sehingga mereka semakin mudah untuk memilih. (sochud/za)