Puncak Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Jajaran Kemenag Kabupaten Pemalang

Pemalang – Untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, jajaran Kementerian Agama Kabupaten Pemalang bersama Polres dan Kodim 0711/Pemalang mengadakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas MTs Negeri Pemalang, Selasa (12/12) siang.

Kegiatan dihadiri oleh 900 orang terdiri atas ASN Kankemenag, anggota Polres dan Kodim, Forkopimda, Kepala instansi vertikal, Pengawas Madrasah dan PAI se-kabupaten, Kepala Madrasah Negeri se-kabupaten, Kepala KUA se-kabupaten, Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS se-kabupaten, Guru dan Pegawai MTsN Pemalang dan MAN Pemalang, siswa kelas IX MTsN Pemalang, siswa kelas XII MAN Pemalang, dan tamu undangan lainnya.

“Terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang turut memeriahkan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan keimanan kita. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari hari amal bhakti ke-72 Kementerian Agama di Kemenag Kabupaten Pemalang”.

Demikian sambutan singkat Kepala Kankemenag, Taufik Rahman. Sebelum menyampaikan sambutannya, Taufik menyerahkan trofi, piagam, dan uang kepada beberapa orang perwakilan. Puji Roudlotul Adni sebagai terbaik II pada salah satu majelis tingkat SMP/MTs MTQ Pelajar tahun 2017 tingkat Provinsi Jawa Tengah menerima trofi dan uang pembinaan sebesar Rp2.350 ribu.

Selanjutnya tiga orang Penyuluh Agama Islam Non PNS menerima tunjangan Penyuluh, tiga orang Guru Non PNS madrasah menerima TPG Inpassing, dan enam wisudawati santri TPQ Al-Ikhlas MTsN Pemalang menerima piagam.

Sementara itu, Bupati Pemalang yang diwakili oleh Asisten II Supa’at menyampaikan sambutan. Peringatan maulid nabi mencerminkan betapa tingginya rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW yang diimplementasikan dengan peringatan hari kelahiran beliau. Bupati menekankan hal seperti ini bukan hanya sekedar peringatan saja, namun ada yang lebih penting.

“Sangat disayangkan apabila hanya dimaknai sebagai sarana seremonial belaka, esensi dari peringatan adalah untuk mengenang sosok Rasulullah yang akhlaknya untuk kita implementasikan dalam keseharian kita, sehingga meningkatkan kualitas umat Islam di Indonesia khususnya di Kabupaten Pemalang,” kata Supa’at membacakan sambutan Bupati.

Peringatan maulid nabi jajaran Kemenag Kabupaten Pemalang telah diawali sejak tanggal 1 Rabiul Awal dengan pembacaan barzanji seusai sholat Maghrib di Masjid Al-Ikhlas oleh ASN jajaran Kemenag bersama santri Islamic boarding school MTsN Pemalang. Pembacaan barzanji berlangsung sampai tanggal 12 Rabiul Awal.

Kegiatan kali ini diawali dengan pembacaan Al-Qur’an tiap orang satu juz dilanjutkan khotmil Qur’an, sholawat ulama, istigosah, tahlil, pembacaan barzanji, tausiyah, dan sambutan-sambutan. Tausiyah dibawakan oleh Ustadz Machroji¬† dari Pelutan, Pemalang. Selesai kegiatan, para peserta menikmati nasi tumpeng yang disediakan oleh ASN di lingkungan Kemenag Kabupaten Pemalang. (fi/rf)