Purworejo Selenggarakan Pemilihan Penyuluh Teladan 2021

Purworejo – Penyuluh Agama Islam dituntut tidak hanya mampu mengajarkan ilmu keagamaan saja, namun sesuai dengan perkembangan zaman mereka juga dituntut untuk mampu berinovasi baik dalam metode bimbingan maupun dalam menciptakan kegiatan yang bermanfaat bagi jemaah dan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, pada Selasa (25/5) digelar acara Pemilihan Penyuluh Agama Teladan Tahun 2021 yang merupakan salah satu program kerja Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo.

Acara yang berlangsung di RM. Panda Jalan Tentara Pelajar Purworejo tersebut merupakan tahap akhir proses seleksi yaitu presentasi dari para nominator yang lolos seleksi berkas dan telah dipilih masing-masing tiga terbaik untuk kategori Penyuluh Agama Fungsional dan Penyuluh Agama Non PNS. Dihadiri oleh 30 orang penyuluh agama yang merupakan perwakilan dari KUA se-Kabupaten Purworejo, mereka tampak bersemangat menyaksikan presentasi dari para nominator.

Kakankemenag H. Fatchur Rochman turut hadir untuk membuka acara memberikan apresiasi dan berharap seluruh penyuluh memanfaatkan ajang tersebut untuk dapat saling belajar dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Ada pesan khusus Fatchur Rochman kepada penyuluh yang tidak lolos seleksi berkas. “Jangan berkecil hati dan tetap semangat melaksanakan tugas mulia Saudara. Karena menang atau kalah Saudara tetaplah garda terdepan Kementerian Agama yang ada di masyarakat. Semoga tahun yang akan datang masih ada kegiatan serupa sehingga yang kali ini belum juara, kelak bisa merasakan menjadi juara,” katanya.

Hasilnya, Muh Dain,  menjadi pemenang untuk kategori Penyuluh Agama Fungsional diikuti oleh Muchamad Farchan Sulistyanto,  dan Sulistyowati,  di tempat kedua dan ketiga. Sementara untuk kategori Penyuluh Agama Non PNS berturut-turut sebagai terbaik pertama, kedua, dan ketiga diraih oleh Muhammad Nurul Fahmi,  (utusan dari KUA Kemiri), Siti Khalimatun,  (KUA Loano 1), dan Puger Bandan Arum (KUA Banyuurip). Selanjutnya, para juara pertama berhak maju ke ajang Pemilihan Penyuluh Teladan Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang di Hotel Syariah Solo. (hws/sgy/bd)