Qari Asal Kab. Pati Raih Juara I STQ Nasional

Pati – Peserta anak-anak asal Kabupaten Pati yang tergabung dalam Kafilah Provinsi Jawa Tengah dalam perhelatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XXIV tahun 2017 yang digelar di Kota Tarakan, Kalimantan Selatan (Kalsel), 16-22 Juli lalu, berhasil ‘mencuri’ perhatian juri.

Terbukti, Qari asal Kabupaten Pati atas nama Muhammad Zahron Nasywa di daulat oleh tim juri berhak menyandang gelar juara 1 (satu) dalam Tilawah Al-Qur’an golongan anak-anak.

Selain itu, qari atas nama Muhamad Mas’ud yang juga asal Kabupaten Pati berhasil meraih juara 2 (dua) dalam Tilawah Al-Qur’an golongan dewasa.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Akhmad Mundakir bersyukur atas prestasi yang diraih qari-qari Kabupaten Pati.

Menurutnya, capaian prestasi ini tak lepas dari dukungan Pemerintah, yakni Bupati Pati, serta seluruh warga Kabupaten Pati.

“Terima kasih kepada semua pihak atas dorangan serta motivasi yang diberikan, sehingga kafilah asal Kabupaten Pati bisa meraih juara pertama pada kategori Qari tilawatil Qur’an golongan anak-anak dan dewasa, ” ungkap Mundakir di hadapan Kasi bidang Keagamaan Setda Kabupaten Pati, PLt Kasubbag TU, dan kafilah asal Kabupaten Pati pada penerimaan kafilah STQ Nasional asal Kabupaten Pati, Sabtu Malam (22/7).

Ia mengatakan, prestasi keagamaan di Kabupaten Pati cukup bagus. Semua ini karena dukungan dan doa masyarakat Kabupaten Pati serta dukungan Pemkab Pati maupun DPRD Kabupaten Pati dan semua elemen masyarakat. ”Ini berkat dan ridho Allah SWT kepada kita semua. Prestasi Kabupaten Pati meningkat saat STQ,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut mundakir mengatakan, prestasi kafilah Kabupaten Pati di tingkat nasional kali ini menjadi motivasi untuk generasi muda muslim ke depan. ”Kemenangan ini tentunya, kemenangan kita bersama. Hal yang paling penting mari kita cinta Alquran,” ucap Mundakir.

”Alhamdulillah,” dengan perolehan juara ini bisa turut andil dalam perolehan Provinsi Jawa Tengah dalam memperoleh peringkat ketiga di antara sepuluh besar pada perhelatan STQ Nasional XXIV tahun 2017 yang digelar di Kota Tarakan, Kalimantan Selatan (Kalsel) kemarin.

Mundakir memberikan apresiasi kepada seluruh peserta, termasuk ofisial, pelatih dan semua pihak yang telah terlibat secara totalitas bagi kafilah Jawa tengah untuk STQ Nasional XXIV 2017 di Tarakan ini. ”Alhamdulillah. Menempati posisi III secara Nasional adalah bukan hal yang mudah. Semua Provinsi ingin menjadi yang terbaik. Dan sekali lagi patut kita syukuri dan banggakan karena Kabupaten Pati turut andil menyumbangkan keberhasilan dengan meraih juara satu nasional di cabang lomba tilawah golongan anak-anak. Kami ucapkan selamat kepada kafilah Kabupaten Pati yang tergabung di kafilah Jawa Tengah. Yang kita raih ini adalah hasil kerja keras dan sungguh-sungguh tentunya,” pungkasnya. (Athi’/bd)