RA Edukasi Siswa Berdisiplin Lalu Lintas

Koreksi :

Nyah ini kayaknya cukup masuk website Kankemenag saja yah….

=================================================

Rembang – Kepatuhan berlalu lintas perlu ditanamkan kepada masyarakat sejak dini. Tak hanya untuk pengguna jalan, namun juga kepada anak-anak usia dini. Untuk itu, RA Masyithoh mengadakan kunjungan ke Satlantas Rembang, Sabtu (09/03).

Kunjungan ini melibatkan sekitar 140 siswa RA Masyithoh, baik kelompok A maupun B.  Kepala RA Masyithoh, Marliyah mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Satlantas Polres Rembang untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi mengenai aturan berlalu lintas.

“Kunjungan ini rutin kita adakan setiap tahun. Tujuannya, agar anak-anak paham kalau berada di jalan raya itu tidak boleh sembarangan. Ada aturan lalu lintasnya,” kata Marliyah.

Dalam memberikan pengertian berlalu lintas, pihak Satlantas menyampaikannya dengan hiburan. Didampingi dengan para guru, siswa RA ini mendapatkan penjelasan tentang rambu-rambu lalu lintas.

“Biasanya kalau anak naik kendaraan bersama orang tua, mereka kerap melihat rambu lalu lintas. Contohnya tiga lampu merah, kuning, hijau yang terdapat di persimpangan jalan. Kita jelaskan arti dari tiga lampu itu,” jelasnya.

Pihak Satlantas menerangkan kepada anak-anak, dengan mematuhi aturan lalu lintas, kita bisa terhindar dari kecelakaan di jalan raya. Selain itu, anak-anak juga diberitahu cara menyeberang jalan. “Ketika akan menyeberang, kita harus lihat dulu , ke kanan, ke kiri, lalu ke kanan lagi, jika sudah tidak ada kendaraan, barulah menyeberang,” pungkasnya.

Kasi Pendidikan Madrasah Kabupaten Rembang, Jasim menyambut positif kegiatan RA di bidang lalu linta ini. Menurutnya, edukasi berlalu lintas turut memberikan kontribusi kepada negara untuk menciptakan generasi-generasi bangsa yang disiplin.  (iq/gt)