Raker Persiapan KSM dan AKSIOMA

Temanggung – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) adalah salah satu program Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama yang kemudian diturunkan menjadi program Kantor Wilayah sampai ke Kementerian Agama tingkat Kota / Kabupaten. Kegiatan KSM ini dilaksanakan setiap tahun dan untuk tahun 2017 ini adalah penyelenggaraan yang keenam kalinya. Sementara untuk Aksioma adalah program yang dilaksankan dua tahun sekali.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menggelar rapat persiapan Kompetesi Sains Madrasah (KSM) semua tingkatan mulai Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tingkat Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Aula Kantor Kementerian Agama, Rabu (10/05). Rapat tersebut menindaklanjuti rencana pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk tahun 2017, yang akan digelar di Kabupaten Magelang.,  Rapat dipimpin oleh Ketua Pokjawas, Miftakhul Hadi dan dihadiri oleh para KKM  dan Pengawas.

Dalam arahannya Miftah menuturkan bahwa program KSM ini dilaksanakan dalam rangka mendorong para siswa madrasah untuk selalu meningkatkan kemampuan baik itu intelektual, emosional maupun spiritual namun tetap berlandaskan agama. “Kegiatan seperti ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah,” ujar Miftah.

Dirinya melanjutkan bahwa di madrasah mutu pendidikan agama dan saint terus ditingkatkan secara komperehensif melalui berbagai cara, salah satunya dengan menumbuhkembangkan budaya belajar, memupuk kreatifitas dan semangat bersaing, menumbuhkan jiwa sportivitas dengan berbagai lomba.

Miftah berharap seluruh siswa madrasah dari tingkat MI sampai MA ikut berperan aktif mengikuti rangkaian lomba KSM tingkat Provinsi karena ini akan memberikan banyak manfaat bukan hanya bagi madrasah yang mengutusnya tapi juga bagi siswa itu sendiri.

“Siswa madrasah adalah anak bangsa yang diharapkan berakhlakul karimah, cerdas dan berprestasi dan nantinya mampu membangun bangsa baik itu melalui dalam bidang IPTEK, seni maupun olahraga harapnya. Lebih lanjut Miftah  menyampaikan, untuk mata pelajaran yang diperlombakan bermacam-macam ditiap tingkat jenjang madrasah. Tingkat MI yang dilombakan Mata Pelajaran (Mapel) IPA dan Matematika, tingkat MTs Matematika, Biologi dan Fisika serta tingkat MA Fisika, Biologi, Matematika, Kimia, Ekonomi dan Geografi,” tambahnya.(mft-sr/af)