Rakercab APRI Kab. Pekalongan Berjalan Lancar

Kab.Pekalongan – Para penghulu Kab. Pekalongan yang tergabung dalam wadah Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Kab. Pekalongan pada hari Rabu, 17/11/2021 telah menyelenggarakan Rapat Kerja Cabang APRI Kab. Pekalongan.

Acara yang berlangsung di Hotel Istana Pekalongan itu dibuka secara resmi oleh Kepala Kankemenag Kab. Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag.

Dalam sambutannya H. Kasiman meminta kepada para penghulu untuk memiliki sikap Peka (Peduli Kepada Sesama).

Disampaikan oleh H.Kasiman Mahmud Desky bahwa sebagai ada satu hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu bekal peduli kepada atasan, bawahan dan juga lingkungan.

“KUA adalah wajah dari Kementerian Agama, sehingga inilah yang menjadi alasan mengapa Menteri Agama Republik Indonesia membuat program unggulan Revitalisasi KUA (menguatkan dan memaksimalkan peran KUA),” ujarnya.

“Pelayanan di KUA harus prima, tempat melayani harus oke, dan yang melayani sesuai dengan SOP. Ini menjadi harapan kita semua,  kepala KUA harus bisa menjadi teladan,” tegasnya.

Penguatan moderasi beragama menjadi hal yang penting juga disampaikan dalam kesempatan tersebut.

Disampaikan oleh Kakankemenag, strategi kita untuk menangkal radikalisme menunjukkan sikap toleransi. Kita ingin bisa bisa hidup berdampingan karena faktor kemanusiaan. Kita harus mampu menunjukkan diri kita bisa bergaul dengan siapapun. Kita aktifkan dialog antara agama dan antar budaya serta internal agama.

“Saya berharap kita harus mampu menunjukkan rasa untuk menolak dan empati atas tindakan intoleransi dan tindakan Bar-bar radikalisme,” harapnya.

Kakankemenag juga berpesan kepada segenap peserta yang hadir untuk selalu ingat lima nilai budaya kerja (Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang maha esa; Integritas; Profesionalitas; Tanggung jawab; dan keteladanan).

Acara tersebut juga dihadiri Kasubag TU, H. Muqodam, M.Sy dan Kasi Bimas Islam, H. Moh. Irkham, M.Pd.I.

Rakercab sedianya akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2021, namun karena Ketua APRI Kab. Pekalongan (Moh. Munir, M.Sy) meninggal dunia maka harus ada PAW (Pergantian Antar Waktu).

Seperti diketahui rapat pleno PAW sudah dilaksanakan pada tanggal 06/10/2021 di Kalipaingan, Linggoasri┬á yang hasilnya menunjuk Kepala KUA Kecamatan Wonopringgo, Makhfudh, M.Sy sebagai Ketua APRI Kab Pekalongan periode 2020-2024. Rakercab yang berakhir pada jam 15.00 menyepakati program kerja APRI 2021-2024, antara lain : Peningkatan SDM penghulu; Bahsul masa’il kepenghuluan; Pemanfaatan medsos; dan Penyusunan angka kredit penghulu. (Mhf/Ant/bd).