Rakor FKPAI Kecamatan Karangkobar, Evaluasi Program Penyuluh Agama Islam

Banjarnegara – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangkobar mengadakan rapat koordinasi (rakor) pada hari Senin (25/10/21) di ruang serbaguna KUA Kecamatan Karangkobar.

Rakor FKPAI yang merupakaan acara rutin selapanan yang biasanya dilaksanakan  setiap hari Senin Wage. Rapat koordinasi kali ini untuk mengevaluasi kinerja program penyuluh serta menguatkan teamwork Penyuluh Agama Islam pada KUA Kecamatan Karangkobar.

Turut hadir dalam rakor FKPAI Kecamatan Karangkobar ini tujuh Penyuluh Agama Islam Non PNS, Dua Penyuluh Islam Fungsional, satu staf KUA serta Kepala KUA Kecamatan Karangkobar selaku atasan langsung PAI Non PNS.

Ketua FKPAI Kecamatan karangkobar, H. Purwoto dalam kesempatan ini menyampaikan evaluasi tentang pengajian selapanan yang sudan mulai berjalan.

“Bulan Oktober ini kita sudah memulai lagi pengajian rutinan (selapanan) pada beberapa tempat. Meskipun kita sempat libur beberapa saat pada waktu PPKM kemarin. Saya harap tetap harus ada yang hadir syukur bisa hadir semua sesuai dengan  yang  telah dijadwalkan sebelumnya,” ungkapnya.

“Jangan sampai kita tidak hadir, terlambat sebentar tidak apa-apa karena sekarang memang sudah musim hujan, karen Kehadiran kita ditunggu oleh mereka. Karena menjaga semangat masyarakat supaya istikamah ngaji itu lebih sulit ketimbang membangkitkan semangat untuk mulai mengaji,” imbuhnya .

Sementara itu, Saiful Mutakim selaku Penyuluh Islam Non PNS menyampaikan hasil rakor FKPAI kabupaten Banjarnegara. “ Saya kemarin mewakili koordinator penyuluh kecamatan dalam rakor FKPAI Kabupaten di kecamatan Susukan. Kasi Bimas Islam Banjarnegara menyampaikan himbauan kepada penyuluh, agar lebih meningkatkan kemampuan digital, penyuluh harus kreatif dan berinovasi manfaatkan teknologi untuk berdakwah, dengan membuat konten-konten dakwah melalui media sosial,” terangnya.

Sebagai penutup rakor evaluasi program kerja H. Fadlil Munawir selaku Kepla KUA Krangkobar menekankan penyuluh untuk selalu dispilin.

“Penyuluh Agama Islam Non PNS ini merupakan pegawai Kementerian Agama, saya mengajak dan menekankan untuk selalu disiplin, disiplin dalam menjalankan tugas sebagai penyuluh. Selalu disiplin baik dalam mengumpulkan laporan kegiatan, disiplin dalam piket maupun disiplin tepat waktu saat pertemuan seperti ini,” pungkasnya. (dr/ak/rf)