Rakor Persiapan Pemberangkatan CJH Tahun 2017

Pati – Rapat koordinasi persiapan pemberangkatan jemaah haji Kab Pati, berlangsung di aula Kantor setempat. Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) kankemenag  Kab. Pati Noor Sholikhah, rapat dihadiri oleh Kabag Kesra  yang diwakili oleh Joko Prasetyo dan Hariyono dari DPRD Kab. Pati yang merupakan ketua KBIH IPHI Kab. Pati dan Instansi terkait di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pati, Kamis (2/2)

Butir-butir pembahasan yang dibahas dalam rapat ini diantaranya persiapan pemberangkatan mulai dari verifikasi jumlah jamaah dan kloter, jadwal dan teknis pemberangkatan, penyetoran koper jamaah ke Kantor Kemenag, jadwal diterima di Mess Haji Embarkasi, berangkat ke Asrama Haji, jadwal kepulangan kembali ke tanah air. Pihak terkait yang ikut mendukung kelancaran pemberangkatan pemberangkatan Haji antara lain Polres, Kesehatan dan Satpol PP.

“Diselenggarakannya rapat koordinasi ini untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi dalam pemberangkatan Jemaah Calon Haji Kabupaten  Pati, serta akomodasi, transportasi JCH dari keberangkatan di Kabupaten  Pati menuju Asrama Haji Donohudan Solo,” kata Noor Sholihah

Disampaikan pula oleh kasi PHU bahwa jadwal keberangkatan  jamaah calon Haji asal Kabupaten  Pati Tahun 2017 ini perlu kesiapan yang matang baik akomodasi maupun keamanan sehingga jamaah haji terlayani dengan nyaman dan aman.

Sementara Kabag Kesra yang diwakili oleh Joko menyampaikan bahwa sesuai Undang-Undang No. 13 Tahun 1998 fasilitas untuk keberangkatan JCH Kabupaten  Pati dari Halaman Pemda menuju  asrama di angkut dengan Bus yang disiapkan oleh Pemda Kabupaten Pati. Begitu pula persiapan truk pengangkut koper jamaah haji di halaman parkir kankemenag.

Lebih lanjut Joko mewanti-wanti tentang permasalahan haji yang begitu kompleks dari tahun ke tahun, oleh karena itu dibutuhkan strategi dan kerja keras dari semua pihak agar dapat meminimalisir permasalahan dalam penyelenggaraan haji tahun ini.

Berikan pelayanan terbaik bagi Calon Jamaah Haji (CJH) dengan mengutamakan kepentingan jamaah, kata Joko di akhir sambutannya. (Athi’/bd)