Rakor Persiapan Sosialisasi EMIS Online

Pemalang – Untuk mematangkan persiapan sosialisasi updating EMIS online tahun 2018/2019 pada madrasah di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang, Seksi Pendidikan Madrasah mengadakan rapat koordinasi persiapan sosialisasi EMIS. Rapat dilaksanakan pada hari Jumat (19/10) di aula Kankemenag. Rapat diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari Ketua Pokjawas, Ketua KKM, Pengurus KKM, Operator KKM, dan Operator KKRA.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman meminta agar EMIS bisa dikelola dengan baik. Hal tersebut disampaikannya saat membuka acara rakor.

“EMIS merupakan upaya dari Ditjen Pendidikan Islam dalam rangka mengelola data madrasah dalam satu wadah. Mulai dari data sarana dan prasarana madrasah, data peserta didik, sampai data tenaga pendidik dan kependidikan semuanya ada di EMIS. Agar data tersebut tetap aktual, maka sudah menjadi kewajiban bagi madrasah untuk selalu mengupdate data yang ada sesuai kondisi terkini. Kita kelola EMIS dengan sebaik-baiknya dan manfaatkan dengan sebesar-besarnya,” tutur Taufik.

Operator EMIS harus mengisi data sesuai dengan kondisi nyata yang ada di madrasahnya. Karena data EMIS digunakan dalam pengambilan kebijakan pemerintah. Dengan data yang akurat maka kebijakan yang diambil akan akurat pula.

Terkait CPNS, Kepala Kankemenag meminta agar jangan mudah percaya dengan oknum yang mengatakan bisa membantu untuk meluluskan menjadi CPNS.

“Saat ini sedang ramai rekrutmen CPNS baik di Kementerian Agama maupun instansi lain. Jangan mudah percaya apabila ada oknum yang menjanjikan bisa meluluskan menjadi CPNS asalkan memberikan imbalan uang dalam jumlah tertentu. Rekrutmen CPNS saat ini sudah transparan, tidak ada permainan uang,” tegasnya.

Rakor diisi dengan evaluasi EMIS dan langkah-langkah pengoperasian EMIS tahun pelajaran 2018/2019 yang dipandu oleh pelaksana pada Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag. Peserta tidak sampai melakukan praktik updating EMIS karena saat kegiatan EMIS sedang offline.

Hasil rakor menetapkan bahwa pelaksana dari Seksi Pendidikan Madrasah akan melaksanakan sosialisasi updating EMIS online ke operator madrasah mulai dari tingkat MA, MTs, MI, dan RA. Sosialisasi akan dilaksanakan mulai minggu depan secara bertahap. (fi/rf)