Rakor Siapkan Penjemputan Kepulangan Jemaah Haji

Grobogan – Panitia Pelayanan Haji Kabupaten Grobogan gelar rapat persiapan penjemputan dan pemulangan jemaah haji Kabupaten Grobogan tahun 1438 H/ 2017 M, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan, Selasa (05/09).

Dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan, rapat dihadiri oleh plh. Kasi PHU, Kabagkesos, Polres Grobogan, Kodim Grobogan, Satpol PP, Pengusaha Bus Trans Wijaya dan seluruh panitia yang terlibat dalam pemberangkatan calon jemaah haji 1438 H.

Hambali  menyampaikan bahwa penjemputan kepulangan jemaah haji merupakan rangkaian akhir dari kegiatan pelayanan terhadap jemaah haji yang menjadi tugas dan fungsi Kankemenag Grobogan bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan beserta dinas instansi terkait lainnya selaku penyelenggara haji reguler di Kabupaten Grobogan.

Rakor bertujuan mengevaluasi atas pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Kabupaten Grobogan, sebagai bahan perbaikan dalam pelayanan penjemputan kepulangan jemaah haji Kabupaten Grobogan tahun ini.

“Rakor ini dilaksanakan sebagai upaya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah haji Kabupaten Grobogan serta dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji di Kabupaten Grobogan,” kata Hambali.

Hambali menambahkan, dalam pemberangkatan CJH Kab. Grobogan sudah lancar, namun ada 17 CJH yang tertunda keberangkatan dikarenakan sakit maupun meninggal dunia. Diantaranya ada satu jemaah haji yang  meninggal dunia yaitu Sudarto dari Kecamatan Toroh yang masuk dalam kloter 17 SOC Solo dikarenakan sakit diabetes. Sehingga jumlah jemaah haji yang semula berjumlah 980 menjadi 966 orang.

Rakor menghasilkan keputusan antara lain penjemputan jemaah haji Kabupaten Grobogan sesuai jadwal kepulangannya dari tanah suci akan dijemput dengan menggunakan jasa Angkutan PO. Bus Trans Wijaya dengan jumlah 9 mobil pengiring serta pengawalan dari pihak Satlantas Polres Grobogan dan Pihak LLAJR Kabupaten Grobogan.

Hasil rapat juga memutuskan jadwal penjemputan jemaah haji Kloter 17 dilaksanakan pada hari Selasa, 12 September 2017 pukul 24.00 WIB, akan tiba di Kabupaten Grobogan pukul 07.00 WIB. Sementara Kloter 64 gabungan dengan Kab. Semaang akan tiba di Kabupaten Grobogan hari Rabu, 27 September 2017 pukul 04.05, Kloter 65 yang merupakan Kloter penuh akan tiba di Kabupaten Grobogan hari Rabu, 27 September 2017 pukul 08.05 dan Kloter 66 akan tiba di Kabupaten Grobogan hari Rabu, 27 September 2017 pukul 21.55. Berkaitan dengan barang bawaan koper jemaah haji bisa diambil di Masjid Jaballul Khoir Simpang Lima Purwodadi. (bd/gt)