Ratusan Santri di Kajen Pati Ikuti Vaksinasi

Ratusan Santri di Kajen Pati Ikuti Vaksinasi

Pati – Sekitar 320 santri dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati mengikuti program Vaksinasi Merdeka Candi yang digelar oleh Polres Pati bekerjasama dengan Forum Komunikasi Pengasuh Pondok Pesantren se-Kajen dan Sekitarnya (FKPPK). Vaksinasi ini dilakukan di halaman Mahad Aly Pesantren Maslakul Huda, Sabtu (7/8).

Perwakilan dari Forum Komunikasi Pengasuh Pondok Pesantren se-Kajen dan Sekitarnya (FKPPK), Kiai Ahmad Nadhif mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Pati yang telah menggelar program vaksinasi bagi para santri ini.

“Hari ini mulai tahap pertama vaksinasi Covid-19 untuk kelompok usia 18 tahun ke atas. Memang kelompok usia ini relatif sedikit, kebanyakan santri di Kajen antara 12-17 tahun. Adapun total santri di Kajen sekitar 20 ribu orang,” ujar dia.

Kiai Ahmad Nadhif menambahkan, kemungkinan nantinya juga akan ada vaksin untuk santri berusia 12-17 tahun. Hal ini lantaran presiden sudah meluncurkan vaksin untuk kelompok usia tersebut.

“Demikian berdasarkan pembicaraan kami dengan Kapolres. Mabes Polri juga sudah dikontak, dalam waktu dekat akan ditambahi (vaksin untuk 12 tahun ke atas),” jelas dia.

Kiai Ahmad Nadhif mengatakan, sebelum penyelenggaraan kegiatan vaksinasi hari ini, pihaknya sudah mempersiapkan data para santri yang akan disuntik. Peserta dikelompokkan berdasarkan asal pondok pesantren.

Bahkan, mereka juga telah diberi pembagian jadwal khusus vaksinasi untuk menghindari kerumunan.

Dia menjelaskan, selain vaksinasi dari Polri ini, pihaknya juga merencanakan program vaksinasi yang bekerja sama dengan TNI.

“Namun program vaksinasi dari Polri ini masih ada lanjutan. Bahkan Dokkes Polres Pati merencanakan vaksinasi dosis kedua untuk mereka yang suntik dosis pertama hari ini akan sekaligus dibarengkan dengan vaksinasi untuk kelompok santri gelombang selanjutnya,” ujar dia. (arif)

  • Editor: athi’