Ratusan Santri TPQ Antusias Ikuti FASI

Rembang — Empat santri terlihat khusyuk melaksanakan sholat shubuh. Bacaan ayat qur’annya pun terdengar tartil, walaupun hanya melantunkan surat-surat pendek. Mereka berempat membuat dewan juri terkesima, karena setiap rukun sholat mereka tunaikan dengan sempurna.

Empat santri tersebut rupanya tengah mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Kabupaten Rembang. Diikuti oleh ratusan santri TPQ lainnya, FASI berlangsung semarak. Kendati bertempat seadanya, yaitu di dalam masjid Maslahatul Ummat komplek Islamic Center, dan hanya disekat-sekat oleh papan sebagai pemisah antar ruang untuk cabang lomba, tidak mengurangi semangat peserta mengikuti lomba yang ditujukan untuk santri TPQ ini.

FASI ini diselenggarakan oleh Badko TPQ bekerjasama dengan Kankemenag Kabupaten Rembang, Selasa (18/10). Kegiatan tersebut sebagai persiapan lomba yang sama di tingkat Provinsi jawa Tengah yang akan diselenggarakan pada November mendatang di asrama haji Donohudan, Boyolali.

Sebelum pelaksanaan lomba, diadakan acara pembukaan yang dihadiri oleh segenap pengurus Badko TPQ Kabupaten Rembang dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang yang diwakili oleh Kasi PD Pontren, Musthofa.

“Sebenarnya dari Kemenag tidak ada anggaran untuk mengadakan FASI tingkat Kabupaten ini. Namun Badko TPQ ingin menggelar penyeleksian di tingkat Kabupaten untuk memilih peserta yang akan maju di tingkat Provinsi. Sehingga kita support dalam pelaksana teknisnya,” kata Musthofa.

Dikatakan Musthofa, esensi kegiatan bukan hanya sekadar lomba. Namun untuk menciptakan semangat santri TPQ dalam membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an. “ TPQ merupakan lembaga untuk mewujudkan dan generasi muda yang qur’ani, dan melestarikan nilai-nilai Al-qur’an di tengah zaman yang sudah berkembang pesat ini, “ papar Musthofa.

FASI ini terdiri atas 17 cabang lomba, antara lain lomba tartil TKQ dan TPQ, azan dan iqomah, pidato bahasa arab, tilawah, tahfidz juz’amma, kaligrafi, menggambar, mewarnai, pidato Bahasa Indonesia, kisah Islami, pidato Bahasa Inggris, kisah Islami, dan sholat berjamaah.

Sekretaris Badko TPQ Kabupaten Rembang, Totok S mengatakan, yang berhasil meraih nilai tertinggi dan memenuhi syarat akan mewakili Kabupaten Rembang untuk mengikuti FASI tingkat Provinsi Jawa Tengah November mendatang.—(Shofatus Shodiqoh/gt)