Ratusan Siswa Antusias Ikuti KSM Kabupaten

Rembang – Kompetisi Sains Madrasah adalah ajang mengasah kemampuan akademik peserta didik madrasah di lingkungan Kementerian Agama. Lomba ini ditargetkan untuk jenjang MI, MTs dan MA.

Pada tahun 2021 yang masih dalam kondisi pandemi ini, KSM digelar secara online. Kendati demikian, tak mengurangi semangat siswa madrasah di Rembang untuk mengikuti perhelatan bergengsi ini.

Adalah Vashti Neysa Azalia. Siswi MTsN 4 Rembang sebagai salah satu peserta KSM untuk mapel Matematika Terintegrasi. Neysa mengaku senang, di masa pandemi ini tetap bisa berkompetisi. Kendati harus berjibaku dengan waktu, Neysa berusaha untuk menyelesaikan soal demi soal yang dikerjakan dengan sistem CBT ini.

Demikian pula dengan Siti Nahfufatun Na’ma. Siswi MIN 1 Rembang ini mengikuti mapel Matematika. Na’ma mengaku harus berusaha semaksimal mungkin agar hasilnya juga yang terbaik. “Soalnya lumayan lah. Tidak susah banget,” ungkapnya.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah mengapresiasi peserta didik yang mengikuti KSM ini dengan serius. Fatah berharap, siswa yang maju ke babak selajutnya, yaitu provinsi Jawa Tengah bisa memboyong juara.

Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Rembang, Syadullah mengatakan, KSM tahap I digelar di tingkat Kabupaten pada 21-23 Agustus 2021. KSM ini diikuti oleh 293 peserta didik. Dengan rincian, 88 siswa dari 20 MA, 123 siswa dari 44 MTs dan 82 siswa dari 42 MI.

Adapun mapel yang dilombakan yaitu Pada 21 Agustus,

  1. Tingkat MA : Matematika dan Biologi, Fisika dan Kimia, serta Ekonomi dan Geografi. Masing-masing mapel berdurasi waktu 120 menit.
  2. MTs Matematika, IPA dan IPS.
  3. MI Matematika dan IPA

(Shofatus Shodiqoh)