Ratusan Siswa SD/MI Ikuti Try Out Ujian Sekolah

Salatiga — Sekitar 836 siswa SD/MI se Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang mengikuti Try out atau latihan ujian sekolah  bagi siswa SD/MI di MTsNU Salatiga, Sabtu (25/03). Pelatihan itu digelar oleh Lembaga Pendidikan Ma’arif NU kota Salatiga guna menghadapi Ujian Nasional SD/MI tahun 2017. Mata pelajaran yang diuji cobakan meliputi bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga melalui Pengawas Madrasah, Saifudin, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian MTsNU Salatiga sebagai salah satu pilar pendidikan di Kota Salatiga dan Salatiga dengan slogan kota pendidikan. “Soal try out disusun para guru Madrasah  bekerjasama dengan Bimbingan belajar Ganesa Operation Salatiga berdasarakan standar kompetensi lulusan dan kisi-kisi  ujian sekolah,” jelas Saifudin.

Lebih lanjut, Try out sangat penting selain bermanfaat bagi siswa sendiri, juga bagi guru mata pelajaran, kepala sekolah  maupun orang tua siswa. Dengan mengikuti try out, siswa lebih banyak mengerjakan soal-soal ketimbang membaca dan mempelajari materi pelajaran. Dengan demikian siswa semakin siap  untuk menghadapi Ujian Sekolah/ Madrasah yang akan datang.

Bagi guru, kata Saifudin, hasil yang diperoleh siswa menjadi bahan pertimbangan untuk  menentukan tindak lanjut pembelajaran berikutnya. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengambil tindakan dalam mengadakan program belajar tambahan bagi siswa

Harapannya,  Dengan sistem pengawasan yang memadai, hasil try out yang diraih siswa benar-benar akurat. ”Sehingga akan memudahkan semua pihak mengambil sikap dan langkah selanjutnya dalam mempesrsiapkan ujian sekolah,” tuturnya.

Ketua Panitia, Munawar mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu siswa SD/MI dalam menghadapi Ujian Nasional sekaligus mengenalkan apa dan bagaimana sekolah kepada mereka.

“Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan dan tahun ini ada kenaikan peserta sebesar 20 %. Hal ini tak lepas dari usaha kami dalam mengenalkan sekolah baik melalui kegiatan maupun brosur yang kami sebarkan,” kata Munawar.

Masih menurutnya, tingginya minat siswa dalam mengikuti kegiatan ini sebagai tolak ukur dan kesiapan  mereka dalam menghadapi ujian dan persiapan masuk SMP/MTs.Pihaknya berharap, 50% yang mengikuti Try out mendaftar di MTsNU Salatiga.

Salah satu peserta dari MI Mangunsari, Hasan Basri mengatakan, dirinya sudah mantap mengikuti Ujia Nasional (UN) dan siap mendaftar di MTsNU Salatiga

“Try out ini menjadi tolak ukur saya dalam belajar, kalau saya tidak bisa mengerjakannya  berarti belajar saya belum maksimal.Tapi alhamdulillah soal yang diberikan hampir semua bisa terjawab,” kata Hasan Basri.

Kegiatan lomba try out ini berjalan dengan lancar dan tertib. Tanggapan dari peserta dan juga guru pendamping sangat baik, bahkan beberapa guru mengharapakan kegiatan ini diadakan lagi tahun depan (KK/gt).