Regenerasi Dewan Galang Melalui Persami

Surakarta – Berkemah  atau perkemahan adalah salah satu macam kegiatan kepramukaan yang dilakukan secara outbond. Kegiatan berkemah sering diadakan oleh suatu sekolah atau madrasah yang bertujuan untuk memberikan pengalaman serta melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab. Tak terkecuali bagi Pramuka Gudep 01.228-01.365 MTsN 2 Surakarta.

Pramuka MTsN 2 Surakarta dalam setiap tahunnya selalu mengadakan dua kali perkemahan, Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) dan Kemah Berkarakter. Pada tahun 2018 ini, Persami diadakan selama 2 hari, yaitu pada 22-23 September 2018.

Menurut Bukori selaku Kepala MTs Negeri 2 Surakarta, tujuan Persami ini adalah untuk mencari regenerasi Dewan Galang (DG) dari kelas VII yang berkualitas. Selain itu tujuan umumnya untuk membentuk kepribadian, akhlak, dan pengetahuan peserta didik agar menjadi lebih mandiri, bertanggung jawab dan memupuk jiwa sosial.

“Kami berharap Persami ini mampu mencetak anggota Dewan Galang yang berkualitas sehingga akan mampu menjadi contoh bagi teman-temannya sekaligus mempersiapkan kemampuan kepramukaannya untuk pelaksanaan kemah berkarakter awal tahun depan”, jelas Bukori.

Kegiatan Persami ini diikuti sebanyak 122 peserta. Diawali dengan daftar ulang oleh calon Dewan Galang (DG) kelas VII, yang dimulai dari pukul 13.00 sampai dengan 14.00. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dibuka langsung oleh Wakil Kepala bidang kesiswaan, Ali Badarruddin. Setelah upacara pembukaan, acara dilanjutkan dengan sholat ashar secara berjamaah.

“Inti dari kegiatan Persami ini adalah dengan diberikannya materi-materi mengenai kepemimpinan dan sandi-sandi pramuka. Diharapkan setelah mendapatkan materi tentang kepemimpinan dan sandi-sandi, para calon Dewan Galang mendapatkan bekal yang cukup untuk kelak menjadi seorang Dewan Galang sesungguhnya”, ucap Bukori.

Selain materi kepemimpinan dan sandi pramuka, Persami juga diisi berbagai kegiatan lainnya, diantaranya api unggun, pentas seni, sholat tahajud, jurit malam, renungan, dan wide game. (sdq_rma/bd)