Regu Penggalang Pramuka MTsN Sumberlawang Juara Umum Bosjam

Sragen – Boy Scout Jamboree (Bosjam) adalah salah satu event kepramukaan yang cukup bergengsi di Jawa Tengah, khususnya di Eks Karesidenan Surakarta. Event yang diadakan tiap tahun oleh Racana Ki/Nyi Ahmad Dahlan UMS yang ditujukan bagi pramuka penggalang ini, tiap tahunnya cukup banyak peserta yang hadir. Demikian pula pada 23-24 April tahun ini diikuti 27 regu pramuka dari SMP/MTs di Jawa Tengah.

Sebagai regu penggalang yang cukup diperhitungkan, MTsN Sumberlawang kembali memperoleh hasil yang menggembirakan. Berdasarkan penilaian dari panitia, regu Pramuka baik putra maupun putri MTsN sumberlawang berhasil menjadi juara umum sehingga berhak memboyong trophy bergilir rektor UMS.

Berikut ini daftar prestasi MTsN Sumberlawang pada Boys Scout Jambore of Rad Se Jateng Tahun 2017 di Universitas Muhammadiyah Surakarta :

  1. Prestasi Regu Penggalang Putra
  2. PBB dan Gerakan Variasi sebagai juara 1
  3. Cerdas Cermat Penggalang sebagai juara 1
  4. Halang Rintang sebagai juara 1
  5. Senam Tongkat sebagai juara 1
  6. Pioneering sebagaijuara 2
  7. Lomba 5 K sebagai juara 3
  8. Prestasi Regu Penggalang Putri
  9. PBB dan Gerakan Variasi sebagai juara 2
  10. Cerdas Cermat Penggalang sebagai juara 1
  11. Halang Rintang sebagai juara 1
  12. Senam Tongkat sebagai juara 1
  13. Pioneering sebagaijuara 1
  14. Lomba 5 K sebagai juara 3

Kepala MTsN Sumberlawang, H. Suparman mengatakan bahwa pada Bosjam ini MTsN Sumberlawang memperoleh 15 trophy, terdiri dari 12 trophy lomba, 2 trophy juara umum dan 1 trophy bergilir rektor UMS. Dengan prestasi ini kembali meneguhkan kehebatan regu pramuka MTsN Sumberlawang.

“Alhamdulillah, kehebatan regu pramuka kami kembali terbukti, setelah sebelumnya pada awal April lalu Berjaya di IAIN Surakarta, kini menjadi juara umum di UMS”, ujarnya dengan penuh kebanggaan.

Suparman semakin yakin bahwa pramuka adalah media yang tepat untuk mengangkat nama madrasah dan juga tentunya sebagai sarana yang tepat pula untuk pembentukan karakter anak.

“Saya yakin bahwa pramuka adalah media yang tepat untuk pembentukan karakter anak, terbukti bahwa anak yang aktif dalam pramuka memiliki jiwa sportif, tanggungjawab, tertib dan taat pada orangtua maupun guru”, kata Suparman.

Dengan demikian tepat kiranya kalau pemerintah menganjurkan kepada tiap madrasah untuk mengaktifkan ekstrakurikuler pramuka. (par/ira1)