Rembang Juara Umum STQ Tingkat Jateng

Rembang – Kafilah Rembang kembali menorehkan prestasi di bidang tahfidz Al Qur’an. pada Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXIV tingkat Provinsi Jawa Tengah yang digelar di asrama Haji Donohudan, Boyolali, 21-24 November kemarin, kontingen Rembang berhasil menyabet juara umum, menyisihkan 34 daerah lainnya.

Rembang memperoleh juara umum dengan perolehan skor 26. Sementara juara II diraih oleh Kabupaten Pati, juara III kabupaten Sukoharjo, juara IV Kabupaten Semarang, disusul juara V Kabupaten Klaten.

Pada ke delapan cabang lomba, kafilah Rembang mengirimkan enam belas peserta untuk semua cabang, masing-masing putra dan putri. Dari 16 peserta tersebut, 10 di antaranya berhasil membawa pulang kejuaraan.

Mereka adalah; Muzakki, terbaik III cabang tilawah anak-anak (pa); Siti Mahmudah, terbaik I tilawah anak-anak (pi); Siti Eka Nur Latifatul Fajriyah, terbaik III hafidzah 1 juz dan tilawah (pi); Ahmad Suwandi, terbaik III tahfidz 5 juz dan tilawah (pa); Siti Nur Fadlilah, harapan I tahfidz 5 juz dan tilawah (pi); Badrul Anwar, harapan II tahfidz 20 juz (pa); Zumrotul Luthfiyyah, terbaik I tahfidz 20 juz (pi); Durrotul Muqofa, terbaik I tahfidz 30 juz (pi); Sugeng Sukamto, terbaik II tafsir Bahasa Arab dan tahfidz 30 juz (pa); serta Siti Mas’udah, terbaik I tafsir Bahasa Arab dan tahfidz 30 juz (pi).

“Sehingga total piala yang didapatkan yaitu empat piala emas, satu piala perak, tiga piala perunggu, satu piala harapan I, dan satu piala harapan II,” kata Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Mahmudi yang turut mendampingi peserta di Donohudan.

Mahmudi mengatakan, kejuaraan ini merupakan prestasi yang mengharukan. “Bagaimana tidak, beberapa minggu sebelumnya kafilah Rembang juga berhasil meraih juara umum pada perhelatan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren ke XII tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Blora pada 1-3 November lalu. Pada even ini, Rembang membawa pulang tiga medali emas, satu medali perak, satu piala juara harapan II, dan satu piala juara harapan III.

“Zumrotul Lutfiyah, Siti Mas’udah, dan Durrotul Muqofa masing-masing meraih juara I baik pada MHQ dan STQ di bidang lombanya masing-masing. Pada ajang MTQ nasional kemarin, Durotul Muqofa  berhasil menjadi juara I tahfidz 20 juz putri. Sedangkan Siti Mas’udah juara I tahfidz 30 juz putri,” tambah Mahmudi.

Mahmudi menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi yang diberikan oleh peserta untuk membawa nama harum Rembang.  “Kejuaraan ini tidak membuat kita lengah, namun justru menjadi pemicu semangat untuk lebih berprestasi dan menjadi inspirasi bagi yang lain,” pungkas Mahmudi.—(SS/gt)