Rembang siap menjadi tuan rumah Porsadin tingkat Jateng

Rembang — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang melalui Kasi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren, H. Musthofa meminta kepada segenap panitia lokal dan peserta kafilah Rembang untuk mempersiapkan diri secara optimal menjelang penyelenggaraan Pekan Seni dan Olahraga (Porsadin) tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan diselenggarakan di Pondok Pesantren Alhamdulillah, Desa Kemadu, Kecamatan Sulang, Rembang pada 28-30 Agustus mendatang.

Tahun ini, Rembang dipercaya untuk menjadi tuan rumah Porsadin. Perhelatan ini akan memperebutkan juara 12 cabang lomba. Sejumlah persiapan pun sudah dilakukan. Pekan lalu, diadakan koordinasi antara Forum Komunikasi Diniyyah Takmiliyyah (FKDT) Provinsi Jawa Tengah dan FKDT Kabupaten Rembang bersama dengan tim dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kasi Pondok Pesantren, H. Muhtasit dan Kasi Pendidikan Diniyyah, H. Hamid Dimyati.

Musthofa mengatakan, persiapan saat ini sudah optimal, mulai dari lokasi, akomodasi, hingga konsumsi. Beliau berharap, penyelenggaraan Porsadin nanti akan berjalan dengan lancar tanpa kendala. “Pekan lalu, kami bersama dengan tim Kanwil Kemenag Jawa Tengah, FKDT Provinsi dan Kabupaten telah mengecek lokasi secara langsung dan mematangkan berbagai hal terkait persiapan acara,” terang Musthofa.

Ketua FKDT Kabupaten Rembang, H. Sumarko mengatakan, diselenggarakannya Porsadin tahun ini akan bisa menjadi pemicu pengelola madrasah untuk semakin meningkatkan lembaga madin dari segi kualitas. Lebih dari itu, kesadaran orang tua akan pentingnya madrasah juga akan semakin terbuka, seiring dengan adanya pergeseran minat terhadap lembaga non formal madin oleh lembaga pendidikan formal, yaitu sekolah.

“Kami harap Porsadin ini bisa menjadi syi’ar bagi masyarakat setempat untuk bersama-sama memajukan madrasah diniyyah dan menjadikannya sebagai lembaga untuk membentuk akhlaq generasi muda,” ungkapnya.

Matangkan peserta

Sementara itu, beberapa minggu terakhir ini, sekitar 35 peserta kafilah Rembang tengah mempersiapkan diri dengan mengadakan pelatihan secara kontinyu. Dalam pembinaannya pekan lalu, Musthofa memotivasi peserta untuk memaksimalkan persiapan, baik secara fisik dan mental.

“Yang terpenting adalah rasa percaya diri dan kekompakan peserta. Kami berharap Rembang akan mendapatkan hasil yang terbaik,” sambungnya.—Shofatus Shodiqoh