Rewards Siswa Berprestasi di Awal Tahun

Surakarta –  MTsN Surakarta 1 menggelar apel mengawali pembelajaran  semester genap tahun pelajaran 2018-2019 pada Rabu, (2/1). Apel yang digelar di halaman gedung 1 MTsN Surakarta 1 diikuti seluruh siswa serta bapak ibu guru dan pegawai. Paskidrawinska (Pasukan Pengibar Bendera MTsN Surakarta 1) bertindak sebagai petugas apel. 

Kepala MTsN Surakarta 1, Kirno Suwanto, selaku pembina apel menyampaikan beberapa hal penting dalam amanatnya terkait pembelajaran di semester genap. “Di semester ini kalian harus lebih giat lagi, tidak boleh cepat puas dengan prestasi  yang sudah diperoleh. Terutama untuk anak-anakku kelas 9, tanggal 22-25 April kalian akan menghadapi ujian nasional, belajarnya harus lebih rajin dan giat lagi,“ pesannya.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa MTsN Surakarta 1 sedang menuju madrasah adiwiyata tingkat nasional yang penilaiannya dimulai pada bulan Januari ini. Beliau menghimbau seluruh siswa untuk melaksanakan 7K (keimanan, keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, kerindangan, dan kekeluargaan).

Apel ditutup dengan persembahan prestasi dari siswa selama periode Mei hingga Desember 2018. Total sejumlah 43 prestasi yang diraih oleh siswa-siswi MTsN Surakarta 1 baik akademis maupun nonakademis. Prestasi tersebut dari tingkat kota sampai dengan nasional. MTsN Surakarta 1 sangat mengapresiasi prestasi-prestasi tersebut dengan memberikan rewards. Besaran rewards disesuaikan dengan tingkat kejuaraan yang diraih. Semakin tinggi tingkat kejuaraan, semakin besar pula rewardsnya. Tidak hanya siswa yang diapresiasi, Bapak Ibu guru pembimbing pun juga mendapatkan rewards dari madrasah.

Sepanjang tahun 2018, MTsN Surakarta 1 banjir prestasi. Semua prestasi siswa baik akademis maupun non akademis terus diraih. Berbagai lomba dan kejuaraan terus diikuti oleh siswa-siswinya untuk mengasah kemampuan dan meraih prestasi. Bahkan, prestasi pada ajang bergengsi Kompetisi Sains Madrasah mapel Matematika, IPA, dan IPS tingkat kota maupun provinsi berhasil diraih. Khusus  Matematika, raihan prestasi bahkan sampai tingkat nasional. Kompetisi Matematika terbuka yang diikuti oleh siswa kelas 7 pun menghasilkan medali perak dan perunggu. Medali O2SN cabang atletik pun  berhasil disabet. POPDA demikian pula, medali emas dan perunggu pada cabang pencak silat, taekwondo, panahan, dan bulu tangkis berhasil diboyong.

“Semoga dengan prestasi yang sudah diraih ini akan memotivasi siswa lain untuk berprestasi. Ayo anak-anak tunjukkan prestasi kalian baik akademis maupun non akademis. Bapak ibu guru MTsN Surakarta 1 siap membimbing dan mengantarkan kalian menjadi juara,” kata Joko Susilo, sie pengembangan prestasi. (diana_rma/Wul)