Ribuan Santri Pati Bakal Ramaikan Hari Santri Nasional

Pati – Ribuan santri dari seluruh penjuru Bumi Mina Tani bakal padati pusat Kabupaten Pati, dalam kirab Hari Santri Nasional (HSN), Minggu (22/10/2017) depan. Berkiblat dari gelaran tahun lalu, ada sekitar 5.000 santri yang turut berpartisipasi.

“Nantinya semua kontingen yang ikut kirab HSN mulai dari pesantren, madrasah, sekolah, dan jajaran NU, dan sebagainya akan meramaikan tradisi ini,” jelas Ketua Panitia HSN PCNU Pati, Jamal Ma’mur Asmani, Kamis (19/10/2017).

Tak jauh beda dengan tahun sebelumnya, lanjut dia, kirab akan mengambil rute dari Jalan Panglima Sudirman depan Makodim 0718/Pati mengarah ke Jalan Jiwonolo, Jalan Supriyadi, Jalan Wahid Hasyim, Jalan Mr Iskandar, dan berakhir di Alun-alun Simpanglima Pati. Kirab juga dirangkai dengan apel akbar di Alun-alun.

“Sebagai sahibul acara, yakni para kiai, santri, dan jaringan alumni pesantren yang tersebar di seluruh Kabupaten Pati. Semua menyatu menyukseskan peringatan Hari Santri,” katanya.

Selain kirab, ribuan santri juga bakal mengikuti jalan santai di Margoyoso pada 20 Oktober. Sejalan dengan acara tersebut juga berlangsung aksi sosial berupa donor darah.

Selanjutnya, dalam peringatan HSN di Pati dilakukan pembacaan satu miliar shalawat nariyah di masjid, pesantren, dan madrasah se-Kabupaten Pati pada 21 Oktober. Pada hari yang sama juga berlangsung pelatihan pengobatan bekam di Pondok Pesantren Hidayatul Falah Tambakromo.

Acara yang turut menyemarakkan hari santri, yakni Lomba Cerdas Cermat (LCC) Aswaja. Kompetisi untuk santri madrasah aliyah (MA) ini berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati pada 29 Oktober nanti. (Wr/Athi’)