Ribuan Santri Unjuk Kreatifitas

Temanggung – Ribuan santri TPQ perwakilan dari TPQ Se Kabupaten Temanggung, Ahad 8 Oktober 2017 berkumpul dilapangan Sidorejo Maron Temanggung mengikuti Apel Santri TPQ Kabupaten Temanggung dalam rangka Gebyar Muharram Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1439 H.

Apel Santri yang diselenggarakan oleh Badko TPQ dan Setda  Kabupaten Temanggung ini dipimpin oleh Bupati Temanggung, Drs H Bambang Sukarno dan dihadiri dai Badko TPQ Provinsi Jawa Tengah, Seksi PD Pontren Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, jajaran Organisasi Pimpinan Daerah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Tokoh Agama serta tokoh masyarakat.

Kegiatan diawali dengan lomba deville dari kafilah BADKO TPQ kecamatan, dan masing-masing mendapat kesempatan tiga menit berhenti di depan pembina apel untuk unjuk kebolehan. Berbagai atraksi mulai dari yang sudah biasa dan yang unik dilakukan oleh peserta untuk mencuri perhatian undangan serta peserta Apel.

Setelah Laporan Pemimpin Apel oleh Wawan Edi Setiawan S Hum, Pembacaan ikrar santri oleh Santri TPQ oleh Azqi Nihayatun Zain dari TPQ Gejagan Ngadirejo dilanjutkan dengan amanat Pembina Apel, dilanjutkan dengan doa oleh H Munsiri S.Ag dan ditutup dengan pembacaan Al Qur’an suroh-suroh bersama-sama yang dipandu Oleh H. Sholahudin Al Ayubi S.Ag, M,Yusup, Fatkhurrohman dan Ulyatul Inayah S.Hum.

Dalam amanatnya Bupati Temanggung menyampaikan apresiasi kepada ustadz-ustadzah, Badko TPQ serta orang tua yang sudah berupaya mendekatkan Al Quran kepada anak-anak sebagai wujud kepedulian untuk membangun Temanggung dimasa yang akan datang. Sebagai salah satu wujud apresiasi, Pemerintah Kabupaten Temanggung dalam pendidikan Al Quran di TPQ, setiap tahun dialokasikan anggaran untuk Gebyar Muharrom serta Festival Anak Sholeh.

Setelah apel diumumkan pemenang lomba deville yakni Juara I Badko TPQ Kecamatan Kaloran, Juara II Badko TPQ Kecamatan Bejen, Juara III Badko TPQ Kecamatan Kranggan. Juara I,II,III mendapatkan trophy dan uang pembinaan. Juara 1 mendapatkan uang pembinaan Rp 1.750.000,- , Juara II mendapat uang pembinaan senila Rp 1.500.000,- serta Juara III mendapat uang pembinaan Rp 1.250.000,-

Sedangkan Juara Harapan I diraih Kecamatan Candiroto mendapat uang pembinaan Rp 1.000.000,-, Kecamatan Kandangan mendapat Juara Harapan II dengan uang pembinaan Rp 750.000,- serta Juara Harapan III diduduki oleh Kecamatan Pringsurat dengan uang pembinan Rp 500.000,-. Semua uang pembinaan merupakan bantuan dari Baznas Kabupaten Temanggung.

Katua Badko TPQ Kabupaten Temanggung H Mahsun S.Ag MSI menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendermakan energi, waktu, dan materi demi suksesnya kegiatan. “Ini adalah sebagian wujud ikhtiar kita untuk mendidik generasi yang bermental qur’ani, dengan mengedepankan kebersamaan dan terus merawat kebhinekaan”, pungkasnya.(sr/Af)