Ribuan Umat Lintas Agama Ikuti Jalan Sehat.

Ribuan Umat Lintas Agama Ikuti Jalan Sehat.

Demak- jalan sehat yang digelar dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) ke-73 dihalaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Demak diikuti ribu warga.

Para peserta jalan sahat berasal dari lintas agama. Hal ini sesuai dengan tema kegiatan jalan sehat untuk kerukunan umat.

Kegiatan yang dihadiri Bupati demak Muhammad Natsir itu menempuh jarak sejauh tiga kilometer. Start dimulai dari halaman Kantor Kemenag Demak menuju jalan Sultan Fatah, Alun-alun, Pecinan, Pasar Bintoro, Jalan pemuda, jalan Bhayangkara dan kembali kekantor Kemenag.

Kepala Kantor Kemenag Demak, Ahmad Samsudin mengatakan, jalan sehat kerukunan umat tersebut sebagai sarana meneguhkan kembali pentingnya kerukunan antar umat beragama. Sebagaimana pengakuan negara atas enam agama yang dianut warga Indonesia.

“Kita memiliki ikatan sebagai sesama warga negara yang sama-sama mempunyai tanggung jawab menjaga keamanan dan tekertiban sehingga terwujud suasana kondusif”, katanya saat menyampaikan sambutan sebelum pelepasan peserta jalan sehat.

Menurutnya, umat Islam sebagai umat terbesar di Indonesia memiliki tanggung jawab untuk melindungi semua umat dengan pendekatan Rahmatan Lil Alamin. “Salah satu wujudnya adalah menjaga kebersamaan dan toleransi antar umat melaluai jalan sehat seperti ini,” ungkapnya.

Samsudin menambahkan, menjaga kesehatan juga menjadi bagian dari ajaran Islam. Sebab dengan fisik yang sehat maka akan memiliki kemampuan untuk menjalankan tugas-tugas dan ibadah dengan sempurna.

“Jalan sehat merupakan olahraga paling ringan dan sederhana, akan tetapi manfaatnya sangat baik untuk menjaga badan agar tetap sehat.”ujarnya.

Bupati Demak Muhammad Natsir menyampaikan, Kemenag Kabupaten Demak memiliki peranan penting dalam mendukung penciptaan lingkungan masyarakat religi sebagaimana citra yang melekat pada Kota Wali.

“Pemkab Demak punya program Maghrib Matikan TV, Ayo Mengaji. Program ini perlu terus disosialisasikan dan digerakkan di semua aktivitas masyarakat,” katanya. ms.