Riskya Sabet Duta Smart Pada Ajang Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap 2018

Cilacap – Tanpa diduga dan diperhitungkan sebelumnya akhirnya Rizkya Yulinatus Syifaul Hikmah siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Cilacap, berhasil menggondol sebagai Duta Smart pada ajang Duta Lingkungan Hidup 2018 yang diselenggarakan pada hari Selasa-Kamis(3-4/04) Tingkat Kabupaten Cilacap.

Perhelatan ini sendiri diselenggarakan oleh Sanggar Priambodo yang secara konsisten peduli terhadap lingkungan dengan mengolah limbah menjadi lebih bermanfaat bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap.

Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap mengirim dua dutanya. Untuk putra diwakili Miftakhul Arzak siswa kelas XI IPS 3 dan Rizkya sebagai wakil puteri.

Untuk bisa memenangi ajang ini Rizkya harus melewati dua tahapan. Tahap pertama dilangsungkan tes tertulis materi lingkungan hidup dilanjutkan dengan wawancara yang dilangsungkan di SMA Muhamadiyyah 1 Cilacap. Tahapan kedua fashion show pakaian yang terinspirasi dari daur ulang yang telah dirancang untuk dipertontonan didepan umum yang dilangsungkan di Hotel Griya Patra, Jl. Ir. H Juanda, Cilacap yang diikuti seluruh peserta.

Peserta lomba dibagi menjadi dua tingkatan yaitu SMA/MA dan SMP. Untuk tingkat SMA/MA diikuti oleh 41 pasang putera-puteri dari berbagai sekolah negeri/swasta dan MAN 1 Cilacap merupakan satu-satunya utusan dari madrasah. Sedang SMP diikuti sekitar 39 pasang dari SMP negeri dan swasta.

Pemilihan dibagi menjadi beberapa kategori meliputi Duta Smart satu , Duta Favorit satu , Best Costum satu dan Duta Berbakat dipilih tiga wakil sebagai juara I,II dan III juga tiga dipilih sebagai harapan.

Hal yang membanggakan bagi Rizkya bahwa dia merupakan satu-satunya wakil madrasah yang sanggup menyisihkan 40 pesaing dari SMA negeri/swasta. Tentu tidak untuk bermaksud membusungkan dada namun menjadi cambuk agar terus berprestasi dan berendah hati dalam mengemban misi menyampaikan pesan-pesan positif menjaga lingkungan hidup dengan arif.

“Saya merasa senang bisa terpilih sebagai Duta Smart, ke depan saya harus menjadi pelopor lingkungan hidup. Selain itu saya punya impian untuk bisa mengolah limbah-limbah lingkungan di MAN1 Cilacap bisa diolah menjadi pupuk organik baik cair maupun kompos”, kata Rizkya penuh antusias.

Pesan senada juga disampaikan Ibu Krisna yang mewakili panitia kepada para duta yang telah terpilih.

“Pesan saya bagi para duta untuk menjadi pelopor/ pioneer bagi peserta lainnya dan membawa pesan positif”, sambut Krisna.

Momen positif ini disambut penuh harapan oleh Suratno selaku kepala madrasah dalam motivasi singkatnya.

“Harapannya Duta Smart mampu menjadi penggerak bagi seluruh siswa dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan mampu mempercepat ketercapaian MAN 1 Cilacap sebagai madrasah Adiwiyata Nasional”, pungkasnya. (Agus S/bd.)