Rizka Zakiyatul Miskiyah Alumnus Madrasah dengan Prestasi Dunia

Rembang — Menuntut ilmu dengan prestasi yang membanggakan tak harus dari kota. Siswa dari desa pun, banyak yang menorehkan prestasi dan meniti karir hingga sukses. Rizka contohnya. Gadis alumnus MTsN 4 Rembang (MTsN Sumber) ini baru saja mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas di ajang Japan Design, Idea dan Invention Expo 2018 bersama teman-temannya dari UNDIP Semarang yang digelar awal Agustus ini.

 Gadis bernama lengkap Rizka Zakiyatul Miskiyah ini berstatus sebagai mahasiswa jurusan fisika Universitas Diponegoro Jawa. Beberapa waktu lalu, gadis berpenampilan kalem ini tengah tergabung dalam kelompok penelitian di almamaternya.

Bersama dengan timnya, Rizka menciptakan penemuan sains baru. Yaitu teknologi bioetanol sebagai pengganti premium dan biodiesel sebagai pengganti solar dengan metode yang lebih efektif dan efisien.

“Kami mmebuat penelitian ilmiah dan menciptakan produk bioetanol dengan tujuan agar biofuel ini bisa menghemat energi, tahapannya lebih sederhana, dan dapat menekan biaya,” ucapnya.

Rizka yang  berasal dari keluarga sederhana ini sebelumnya telah meraih beberapa prestasi. Antara lain juara 1 IPA se MTs/ SMP tingkat Kabupaten Rembang, juara 1 IPA dalam HUT SMAN 1 Sumber, juara 2 lomba  Matematika tingkat Kabupaten Rembang oleh Unisma. Saat di MAN Rembang prestasi yang diraihnya adalah Juara 1 lomba Kimia se Kabupaten Rembang dan juara 3 lomba Tilawah Qur’an se Kabupaten Rembang.

Atas raihan ini, Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum menyatakan apresiasi yang tinggi, Menurutnya, prestasi yang diraih Rizka harus dicontoh oleh siswa madrasah lainnya.

Rizka sendiri berpesan kepada adik kelas untuk memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. “Selagi masih muda jangan sia siakan masa kalian. Indonesia telah menanti kalian sebagai generasi emas penerus bangsa. Perbanyak belajar,  berinovasi,  menjadi siswa yang kritis, kreatif yang tetap menjunjung hormat dan sopan santun yang tinggi. Apapun passion kalian,  kejarlah!, serunya. – dwi-iq/bd